Sekilas Info

PERUSAHAAN DAERAH

Setelah Ganti Manajemen, PD Panca Karya Lebih Sehat dan Bisa Beri Rp1 Milyar ke Pemprov Maluku

Kantor PD Panca Karya di Ambon

satumalukuID - Setelah berganti pimpinan, kondisi manajemen Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya saat ini semakin membaik.

Jika sebelumnya mengalami krisis keuangan berkepanjangan akibat hutang ke pihak ketiga yang membengkak, kini Panca Karya lebih sehat bahkan terhitung sejak Januari 2020, bisa menyumbang pemasukan sebesar Rp.1 milyar dalam bentuk kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Maluku.

Ini dimungkinkan setelah Gubernur Maluku, Murad Ismail, menunjuk Rusdy Ambon menjadi Plt. Direktur PD Panca Karya, pada 20 Mei 2019 lalu.

"Kami sudah melakukan transfer Rp.1 miliar dari Bank Mandiri Cabang Ambon ke PT. Bank Maluku dan Maluku Utara, sebagai tanggung jawab BUMD milik Pemprov Maluku," ungkap Dirut PD. Panca Karya, Rusdy Ambon,

Dia mengaku, setelah ditunjuk Gubernur Murad untuk membenahi PD. Panca Karya, terutama manajemen maupun unit usaha, pihaknya sudah bisa memberikan kontribusi bagi PAD Pemprov Maluku, menyusul beberapa tahun mengalami defisit karena krisis keuangan.

Rusdy yang adalah mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Maluku ini mengungkapkan, pihaknya mulai berkontribusi bagi PAD setelah berhasil melunasi hutang antara lain, gadai sertifikat lahan kantor di BNI 46 Ambon sebesar Rp1,5 miliar, hutang BBM dari PT. Sumber Rejeki dan biaya doking kapal motor penyeberangan (KMP) dengan total Rp2 miliar lebih.

Rusdy mengungkapkan, pembayaran utang terkait gadai sertifikat maupun lainnya itu, merupakan terobosan dalam membenahi unit usaha milik PD Panca Karya, antara lain dari operasional kapal motor penyeberangan (KMP), HPH, Trans Amboina, dan unit usaha lainnya.

Dia juga berencana akan membuka sektor pariwisata melalui pelayaran KMP Roro 1500 JT bantuan dari Pemerintah Pusat, untuk melayari Ambon - Banda - Tual, pulang pergi.

"Mudah-mudahan setelah ini, performa perusahaan Panca Karya semakin baik, dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi daerah," harapnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!