Sekilas Info

PENYAKIT GIZI BURUK

Bayi 8 Bulan yang Diduga Terserang Penyakit Gizi Buruk, Akhirnya Masuk Rumah Sakit Haulussy Ambon

satumalukuID- Tubuh Helena sangat kurus. Perutnya tampak membengkak. Namun penyakit apa yang menyerangnya belum diketahui pasti.

Bocah 8 bulan ini, diduga terserang gizi buruk, disertai penyakit penyerta. Hal ini diketahui dari kertas rujukan seorang dokter anak dan salah satu staf Dinas Kesehatan Maluku.

Helena merupakan putri ke tiga dari Ayu Ellena (26) dan Marten Elle (38). Mereka termasuk keluarga korban gempa Ambon pada 26 September 2019 lalu.

Rumah mereka yang berada di Waitatiri, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Ini rumah mertua. Awalnya kami rumah di Waitatiri. Gempa kemarin rusak sekitar 80%," kata Marthen di rumah sang mertua, Benteng Atas, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Rabu (29/1).

Marthen belum mengetahui penyakit anak bungsunya itu. Padahal, sejumlah dokter klinik spesialis anak sudah memeriksa. Jawaban dokter cuman satu. Yaitu melarikan Helena ke RSUD dr. M. Haulussy, Kota Ambon.

Sayang, permintaan dokter tidak dijalankan lantaran keterbatasan biaya. Apalagi, Marthen yang tak memiliki BPJS mendengar jika biaya penyembuhan mencapai Rp80 juta.

“Dokter klinik tidak kasih tahu dia sakit apa. Dokter hanya bilang segera bawa ke rumah sakit. Kami tidak bawa karena tidak punya uang,” kata Ayu.

Helena kini sudah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy Ambon. Dia dilarikan tadi pukul 15.00 WIT. Ini setelah Dinas Kesehatan Provinsi Maluku turun tangan.

Kedatangan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Maluku setelah kabar penyakit yang dialami Helena viral di media sosial. "Korban diduga terserang gizi buruk yang disertai penyakit penyerta. Tapi yang bisa mendiagnosa itu dokter," kata salah satu staf Dinas Kesehatan yang datang lebih awal.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!