Sekilas Info

KEBAKARAN HUTAN

Kapolresta Ambon Ingatkan Warga Tidak Bakar Lahan karena Pelaku akan Disanksi Pidana

satumalukuID- Dalam sepekan ini, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah melanda beberapa lokasi dalam wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Lokasinya antara lain di wilayah Kecamatan Sirimau, Kecamatan Nusaniwe (Kota Ambon) dan Kecamatan Leihitu (Kabupaten Maluku Tengah).

Untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, Polresta Ambon telah membentuk tim penangannya bersama instansi terkait lainnya.

"Kami telah memiliki tim penanganan karhutla. Kami berupaya maksimal melakukan penanganan meski diperhadapkan dengan medan yang cukup sulit," kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, kepada satumalukuID.

Kendati hingga kini penyebab terjadinya karhutla belum diketahui, namun Simatupang meminta warga untuk tidak sembarangan membakar lahan.

"Kemungkinan-kemungkinan adanya unsur kesengajaan seperti pembukaan lahan bisa saja terjadi sehingga terjadinya kebakaran," kata Simatupang.

Adanya indikasi pembakaran ini diketahui dari bekas atau tanda-tanda pembukaan lahan baru. "Karena kan untuk memudahkan pembukaan lahan, masyarakat melakukan pembakaran," jelasnya.

Mantan Kapolres Pulau Buru ini meminta masyarakat agar tidak sembarangan melakukan pembakaran untuk perluasan lahan baru. Sebab dikhawatirkan dapat merembet dan membakar lahan sekitarnya.

"Kami sudah memberikan himbauan kepada masyarakat dan memberikan maklumat untuk tidak melakukan pembakaran," katanya.

Orang nomor 1 polri di Pulau Ambon dan Lease ini menegaskan tidak akan segan memberikan sanksi tegas kepada pelaku pembakaran.

"Kami akan kenakan sanksi pidana dan kita akan proses. Sejauh ini belum ditemukan adanya pelaku dugaan pembakaran lahan," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!