Sekilas Info

PENDIDIKAN

Setelah Ujian Nasional, Kepala Sekolah SMA dan SMK di Maluku akan Jalani Uji Kompetensi dan Rotasi

Foto: Humas Polres Ambon Guru dan murid SMA 12 Kecamatan Saparua saat mengikuti upara bendera Senin, 21 Oktober 2019 dipimpin Panit Binmas Polsek Saparua Ipda D.E.Sapulette S.Sos yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri Kepala sekolah Drs. M. Matulessy.

satumalukuID - Seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat di Provinsi Maluku akan menjalani uji kompetensi setelah pelaksanaan ujian nasional tahun 2020 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Insun Sangadji  menjelaskan uji kompetensi dilakukan dikarenakan saat ini banyak SMA/SMK belum memiliki kepada sekolah definitif dan dijabat pelaksana tugas, disamping sebagian lainnya akan memasuki masa pensiun.

"Jumlah SMA/SMK di Maluku baik negeri maupun swasta tercatat sebanyak 330 sekolah, dimana sebagian dipimpin Plt serta banyak yang akan memasuki pensiun," katanya, Senin (27/1/2020).

Setelah uji kompetensi, pihaknya juga menjadwalkan untuk melakukan rotasi terhadap para kepala sekolah, namun harus menunggu keputusannya Gubernur Maluku, Murad Ismail.

"Rotasi kepala sekolah menjadi kewenangan gubernur dan dinas hanya bertanggung jawab untuk mengusulkannya," sebutnya.

Dia berharap uji kompetensi maupun rotasi terhadap para kepala sekolah SMA dan sederajat, berdampak meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku di masa mendatang.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!