Sekilas Info

VIRUS CORONA

RSUD Ambon Siapkan Ruang Isolasi dan Ambulans Khusus Antisipasi Virus Corona

Foto Ilustrasi penggunaan alat pendeteksi suhu tubuh di bandara.

satumalukuID - Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy Ambon, Rita Tahitu, menyebutkan bahwa pihaknya menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk penanganan jika terdapat kasus orang terkena virus Corona di Pulau Ambon atau daerah lainnya di Maluku.

"Kami menyiapkan ruang isolasi yang representative, jika ada rujukan. Baik dari Kota Ambon, maupun dari kabupaten dan kota lainnya yang masuk ke Ambon. Ambulance khusus akan menjemput pasiennya dan dibawa ke RSUD," ujar Rita saat Rapat Koordinasi (Rakor), di Kantor Gubernur Maluku, Senin (27/01/2020).

Dia katakan, pihaknya juga telah menyiapkan tenaga perawat dan dokter yang akan selalu bersiap setiap waktu.

"Hingga saat ini kesiapan kami seperti itu. Jika ada pasien yang datang tanpa teridentifikasi sakitnya, kita akan screening terlebih dahulu. Jika ada gejala panas, batuk, dan sesak nafas misalnya, akan langsung diawasi," terangnya.

Rita sampaikan, jika memang ada pasien yang terindentifikasi terkena virus, akan langsung masuk ke ruang isolasi.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku mengaku akan melakukan pencegahan terhadap virus Corona agar tidak sampai menular dan menyebar ke orang lain di daerah ini.

"Virus Corona ini belum ada antibiotik atau anti virus yang dapat mematikannya. Karena itu kami akan melakukan upaya pencegahan sebaik mungkin," ujar Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Dony Rerung yang ikut hadir pada rakor tersebut.

Dony katakan, dampak virus Corona terhadap kesehatan adalah radang paru (pneumonia) dan gejala umum bagi orang yang terinfeksi seperti demam, batuk pilek, kelelahan, dan sakit kepala.

"Saat ini yang dapat kita lakukan adalah antisipasi. Namun jika memang ada yang terinfeksi dan tidak dapat kita pastikan maka akan dilakukan pemeriksaan laboratorium di Jakarta, melalui BTKL milik Kementerian Kesehtan. Sebab laboratorium di Maluku belum mampu, sehingga hanya sebatas mengambil sampel," terangnya.

Dony menyampaikan, jika terdapat kasus virus Corona di masyarakat, maka dapat menghubungi Tim Gerak Cepat (TGC) Provinsi Maluku.

"Tim akan segera turun ke lapangan dan melakukan pemeriksaan serta memastikan, jika ada kasus dugaan virus Corona. Dan untuk ambulans juga telah disiapkan untuk mengavakuasi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, menyebutkan bahwa pihaknya siap melakukan sosialisasi mengenai penyebab, gejala dan tanda-tanda terjangkit virus Corona terharap masyarakat.

"Kami akan berikan informasi melalui sosialisasi terhadapat masyarakat baik mengenai virus Corona, dan cara pencegahannya," katanya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!