Sekilas Info

KOTA PINTAR

Akan Dilakukan Uji Coba Wifi Gratis di 11 Lokasi, Warga Ambon: Jang Sampe Cuma Wacana Ulang

satumalukuID - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaanz, Senin (27/1/2020) mengatakan, pihaknya akan melakukan ujicoba wifi gratis di 11 lokasi. Rencana tersebut disambut baik warga Kota Ambon, tapi ada juga nada pesimistis karena dianggap mengulang janji,

"Wifi gratis ini merupakan kerjasama Pemkot Ambon dan PT Telkom untuk mewujudkan Ambon smart city, " katanya.

Uji coba wifi gratis sementara dilakukan di 11 lokasi dan direncanakan awal Februari 2020 wifi id aman diaktifkan tidak menggunakan "user name atau password".

Ia menyebutkan, 11 lokasi yang diujicoba dari 15 titik di kota Ambon diantaranya tribun lapangan merdeka, area Kantor KONI kota Ambon, monumen Pattimura, taman Pattimura, taman depan balai kota, parkiran balai kota, lokasi kantor Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala dan Teluk Ambon.

Selain itu taman Patung Leimena, taman Karpan, kuliner Tapal Kuda, pantai Amahusu, kantor Disdukcapil dan halaman DPRD Kota Ambon.

Menurutnya, penambahan akses wifi id gratis merupakan tindak lanjut apresiasi PT Telkom mewujudkan Ambon smart city.

"Masyarakat dapat mengakses internet di sejumlah lokasi tanpa user name dan password, tetapi langsung aktif," ujarnya.

Selain itu juga akan dilakukan penambahan kecepatan layanan di empat lokasi yang awalnya 20 mbps menjadi 50 mbps.

Selama ini akses internet khususnya jaringan wifi baru sebatas kawasan perkantoran dan pusat pendidikan, sedangkan fasilitas umum belum terjangkau masyarakat secara gratis.

"Masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa kesulitan mengakses internet gratis, sehingga harus ke warnet dan mengeluarkan biaya tidak sedikit, sehingga kita berupaya menyiapkan akses wifi id tabea gratis," jelas Joy.

Menanggapi rencana pengadaan wifi gratis tersebut, dua warga kota terbelah pendapatnya. Salah satu warga Kota Ambon Weli Nanuru mengatakan, soal rencana wifi gratis ini sepertinya cuma wacana yang diulang-ulang.

Dia mencontohkan, tahun lalu, Dinas Kominfosandi juga merilis lewat media massa tentang wifi gratis di sejumlah lokasi, termasuk di Pattimura Park dan Tugu Leimena Poka.

"Faktanya tidak pernah terwujud. Makanya terus terang Beta agak pesimis. Jang sampe cuma wacana yang diulang-ulang," ujar Weli.

Kendati begitu, dia masih menyimpan harapan semoga kali ini rencana itu terwujud. "Yang penting jang janji-janji saja," timpalnya.

Andre Lahalu justru senang mendengar informasi ini, apalagi Amahusu Beach termasuk yang akan dipasang wifi gratis. "Semoga bisa segera direalisasikan. Masyarakat banyak butuh wifi gratis," ujarnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!