Sekilas Info

KEBAKARAN HUTAN

Tiga Areal Hutan Berisi Cengkih, Pala, Durian dan Nenas Milik Warga Hitu Terbakar

Humas Polsek Leihitu Lokasi kebakaran hutan di Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/1/2020).

satumalukuID - Hutan Kuali, Tengah dan Waisani yang berada di Dusun Wanat, Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, terbakar, Senin (27/1/2020). Hingga malam ini kebakaran masih menyelimuti kawasan tersebut.

“Tiga hutan yang terbakar adalah hutan Kuali, hutan Tengah dan hutan Waisani yang ada di Dusun Wanat. Kebakaran terjadi sejak pukul 14.00 WIT,” ungkap Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy.

Titik kebakaran berada kurang lebih 2 Km dari pemukiman warga Dusun Wanat. Peristiwa itu menyebabkan beberapa warga mengalami kerugian. Hingga kini penyebab kebakaran belum diketahui.

Kebakaran awalnya diketahui oleh La Wan. Dia mendapat info itu setelah mendengar kabar dari warga sekitar. Kabar ini menyebar hingga ke telinga aparat Polsek Leihitu. Tak butuh waktu lama, sejumlah personel menuju TKP bersama sejumlah masyarakat pukul 17.00 WIT.

Tim dipimpin Wakapolsek Leihitu Ipda Moyo Utomo. Personil dan masyarakat kemudian berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya. Kebakaran itu menghanguskan sejumlah tanaman umur panjang dan penunjang hidup masyarakat seperti Cengkih, Pala, Durian dan Nenas.

Lokasi kebakaran itu diprediksi mencapai kurang lebih 6 hektar lahan milik warga.

“Sampai malam ini beberapa titik api belum bisa dipadamkan dan masyarakat yang memiliki tanaman masih berada di lokasi kebakaran,” pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!