Sekilas Info

PARIWISATA

Pemkot Ambon Dukung Acara Musik yang Digelar Hotel dan Restoran

Imaniar bersama Kadis Pariwisata Kota Ambon (kanan) dan salah satu penikmat musik jazz.

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini melalui ‎Dinas Pariwisata nya menyambut baik dan mendukung berbagai acara musik yang digelar oleh hotel-hotel maupun restoran yang berada di kota berjuluk Manise tersebut.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat kepada media ini,Senin (27/1),  terkait  acara musik yang digelar manajemen Hotel Swissbel pada akhir pekan kemarin, yang hadirkan penyanyi dan musisi senior Imaniar dan Iwang Noorsaid.

Menurutnya, acara musik Jazz Night yang dipergelarkan menggairahkan kembali nuansa musik berirama jazz di kota Ambon.

Rico menyebutkan, setelah 8 tahun vakum musikal tematik yang dibuat oleh hotel tersebut di kota Ambon, maka ini adalah langkah awal bagi kebangkitan musik jazz.

“Tidak sampai disini saja. Pemkot telah berkordinasi dengan General Manager (GM) di berbagai hotel di kota ini agar juga melakukan berbagai even. Sekaligus membantu Pemkot dengan membuat Asosiasi GM Hotel se-kota Ambon untuk mengemas berbagai acara yang dapat menarik wisatawan,” ungkap Rico.

Rencananya even musik Ambon Jazz juga akan kembali hadir untuk mendukung Ambon sebagai kota musik. Pemkot mensuport sepenuhnya.

“Perda kota musik sedang dibuat selanjutnya disusul dengan Perwali. Dengan demikian Pappri maupun hotel-hotel bisa bekerjasama mengemas even secara profesional,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, usai tampil akhir pekan kemarin Imaniar mengatakan, mendukung sepenuhnya Ambon sebagai kota musik.

Imaniar yang setelah 23 tahun baru kembali lagi ke Ambon berharap jika dimungkinkan setiap bulan bisa ada kegiatan yang menampilkan musisi-musisi lokal maupun nasional.

Di kesempatan yang sama musisi muda musik Jazz kota Ambon, Rhiofaldo Tittaley mengakui musik Jazz memiliki tantangan tersendiri. “Banyak hal bisa masuk lewat Jazz. Musik Jazz kaya skill, nilai musikalnya tinggi,” kata Tittaley yang biasa disapa Aditya ini.

Aditya sendiri telah main musik sejak umur 3 tahun. Sejak SMP dirinya memang sudah meminati musik Jazz, hingga akhirnya lebih pure jazz sebelum akhirnya memilih band musik.

Sementara itu, GM Swissbell Hotel Jusuf mengatakan, pihaknya sedang bersemangat menggairahkan kearifan lokal. Ditambahkan, pihaknya mulai Februari akan menyajikan musik dengan musisi Ambon di saat para tamu hotel sedang menikmati breakfast.

“Ini bentuk tanggungjawab kami sebagai pihak ketiga kepada Pemkot Ambon,” katanya, seraya menyatakan mendukung sepenuhnya program Pemkot Ambon.

Sedangkan Puteri Pariwisata 2019 asal Maluku,  Angel Rumihin mengatakan, seluruh masyarakat harus mengetahui tentang kota Ambon sebagai kota kreatif berbasis musik.

“Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah promosi karena Ambon telah memiliki branding sendiri,” ujar Angel. (vonny litamahuputty/NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!