Sekilas Info

KEBAKARAN HUTAN

Hutan dan Lahan yang Terbakar di Dusun Hoy Negeri Hatalai Ambon Tidak Timbulkan Korban Jiwa

foto: daniel Leonard Kebakaran hutan dan lahan di Dusun Hoy, petuanan Negeri Hatalai Kecamatan Leitimur Selatan pada Kamis, (23/1) sekitar pukul 19:50 WIT tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian matrial.

satumalukuID - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Dusun Hoy, Negeri Hatalai, Kecamatan Leitimur Selatan, sekitar pukul 19.50 WIT tidak menimbulkan korban jiwa maupun material. Luas hutan yang terbakar diperkirakan mencapai satu hektar.

"Berdasarkan keterangan salah seorang warga Hatalai, Budiyanto Lekatompessy (39), sekitar pukul 20:00 WIT telah terjadi kebakaran di kawasan Hutan Hoy Petuanan Negeri Hatalai," kata Kasubag Humas Polresta Ambon Inspektur Satu Polisi Julkisno di Ambon, Jumat (24/1/2020).

Selanjutnya peristiwa ini dilaporkan kepada pemerintah Negeri Hatalai dan pihak Polsek Leitimur Selatan melalui Bhabinkamtibmas Hatalai Brigpol Frangko Sapteno.

"Pada pukul 20:40 WIT, personil Polsek Leitisel tiba di TKP selanjutnya bersama warga sekitar melakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan peralatan seadanya seperti ranting pohon," ujarnya.

Namun karena kondisi medan pada lokasi kebakaran agak terjal serta  kencangnya hembusan angin sehingga upaya pemadaman api mengalami hambatan.

Pada pukul 20:50 WIT, kejadian kebakaran hutan tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak Damkar Kota Ambon dan setengah jam kemudian dikerahkan sejumlah unit mobil damkar.

Tidak ada korban jiwa ataupun kerugian material dalam insiden ini mengingat lokasi kebakaran adalah lahan yang belum dimanfaatkan oleh warga alias lahan kosong yang hanya ditumbuhi pohon kasuwari dan ilalang, serta semak belukar.

Lokasi hutan yang terbakar diperkirakan sekitar 1 hektar dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dikarenakan kurangnya saksi mata yang melihat awal kejadian serta lokasi tersebut jauh dari pemukiman warga.

Selain karhutla yang melanda lahan kosong di petuanan Negeri Hatali, saat ini sejumlah mobil Damkar Pemkot Ambon juga sementara berupaya melakukan pemadaman karhutla di kawasan Air Besar, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon).

Kobaran api yang dipicu hembusan angin kencang merambat kawasan lereng gunung sehingga para petugas Damkar kesulitan memadamkan api sejak beberapa jam yang lalu.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!