Sekilas Info

KEBAKARAN HUTAN

Enam Jam Api Hanguskan 20 Hektar Hutan dan Lahan Warga di Air Besar Ambon

satumalukuID- Kebakaran hebat yang melanda hutan dan lahan pada Jumat (24/1/2020) sore hingga tengah malam kemarin, menghanguskan kurang lebih 20 hektar hutan dan lahan, di Kota Ambo.

Menurut keterangan saksi Habiba Pelu, warga Air Besar RT 006 RW 017 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, bahwa kebakaran mulai diketahui sekira pukul 17.50 WIT. Saksi kala itu baru sampai di rumah. Dia terkejut melihat api yang diperkirakan berada 100 meter dari rumahnya.

Melihat hal tersebut, perempuan berusia 44 tahun ini kemudian memberitahukan warga sekitar. Warga lantas berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Upaya warga saat itu tidak membuat api padam. Namun kobaran api semakin membesar dikarenakan angin yang bertiup sangat kencang, membuat warga setempat kewalahan untuk memadamkan api tersebut," kata Kasubbag Humas Polresta PulauAmbon dan Pulau-Pulau Lease Iptu Julkisno Kaisupy, sebagaimana keterangan saksi.

Mengetahui api sulit dipadamkan, Habiba yang adalah mantan anggota DPRD Provinsi Maluku itu kemudian menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) Kota Ambon. Tak berselang lama sebanyak 5 unit mobil damkar tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Pukul 22.45 WIT, kebakaran hutan tersebut berhasil dipadamkan dan petugas damkar kembali. Pukul 23.30 WIT, personel Polsek Sirimau dan Bhabinkamtibmas mengecek TKP dan diperkirakan dalam keadaan aman," ujar Julkisno

Kendati demikian, tambah Julkisno, pihaknya masih perlu mengantisipasi titik-titik api yang diketahui masih menyala dan berada di sebelah gunung. Titik api sukar dipadamkan karena sulit dijangkau oleh pihak Damkar.

"Olehnya itu personil Polsek Sirimau yang dipimpin Waka Polsek Sirimau masih bertahan di TKP, untuk memantau situasi TKP," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!