Sekilas Info

PEMERINTAHAN DESA

Soal Mata Rumah Parentah Jadi Kendala Negeri Batumerah Belum Punya Raja Definitif

Pelantikan BPD dan Saniri Negeri di Ambon, Januari 2019 lalu.

satumalukuID – Perdebatan soal mata rumah parentah masih menjadi polemik sehingga menyebabkan Negeri Batumerah di Kota Ambon belum memiliki Bapa Raja definitif. Selain Batumerah, juga Negeri Passo belum memiliki Raja Definitif karena masalah yang sama.

Kendati begitu, Pemerintah Kota Ambon menegaskan, tidak akan mencampuri urusan pemilihan Bapa Raja di negeri-negeri yang belum memiliki bapa raja tersebut.

“Pemkot tidak akan melakukan intervensi. Biar diselesaikan masyarakat negeri itu lebih dulu,” kata Walikota Ambon kepada Pers, Rabu (22/1/2020).

Walikota mengakui, masalah mata rumah parentah memang menjadi perdebatan. Hal ini dipicu karena adanya undang-undang di masa orde baru yang membuat perubahan tatanan pemerintahan di negeri-negeri di Maluku ada yang mengalami perubahan.

Bila di masa lalu, Bapa Raja atau Kepala Desa di setiap negeri didasarkan atas mata rumah parentah, maka di masa orde baru terjadi pergeseran.

“Saya sendiri punya data tentang mata rumah parentah di Ambon. Tapi saya tidak mau mengintervensi karena posisi saya sebagai walikota,” timpalnya.

Walikota berharap ke depannya dibuat Peraturan Desa masing-masing untuk menetapkan mata rumah parentah agar tidak terjadi polemik di masa depan.

Sementara itu, pimpinan DPRD Kota Ambon, Kamis (23/1/2020) menggelar rapat koordinasi dengan agar bisa secepatnya terpilih Bapa Raja definitif di negeri Amahusu.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!