Sekilas Info

CAGAR BUDAYA

Upaya Wujudkan Benteng Nieuw Victoria Jadi Cagar Budaya Kota Ambon Makin Konkrit, Walikota Temui KSAD

Foto: Petra Josua Kawasan Benteng Nieuw Victoria di Kota Ambon yang saat ini menjadi markas Kodam XVI Pattimura.

satumalukuID – Upaya mewujudkan Benteng Nieuw Victoria sebagai cagar budaya Kota Ambon terus dilakukan.

Selasa (21/1/2020), Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama rombongan menemui Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar (Mabes) TNI AD, Jakarta.

Pertemuan Walikota dan KSAD berlangsung tertutup. Namun, materi pembicaraan terkait dengan rencana revitalisasi Benteng Nieuw Victoria dan relokasi Makodam XVI Pattimura di Negeri Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Sejumlah pejabat Pemkot Ambon ikut mendampingi Walikota. Mereka adalah Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler; Sekretaris Kota Ambon, A G. Latuheru; Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayor Jenderal TNI Marga Taufiq; Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah (BPKAD) Kota Ambon; Apries Gasperz.

Selain itu, ada juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR); Enrico Matitaputty; Kepala Bagian Hukum, Sirjohn Slarmanat; Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Broery Nanulaitta; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rico Hayat; Sekretaris Bappeda Litbang Kota, Febry Maail serta Kepala Bappeda Litbang Provinsi Maluku, Djalaludin Salampesy.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Ambon bersama Tim Kodam Pattimura dan Badan Pertanahan Kota Ambon beberapa waktu terakhir ini intens melakukan pertemuan dan koordinasi lebih jauh tentang rencana revitalisasi Benteng Nieuw Victoria yang akan dijadikan cagar budaya.

Tim juga sudah melakukan peninjauan di lokasi tukar guling di Negeri Tawiri yang akan menjadi markas Kodam XVI Pattimura.

Walikota Ambon bersama rombongan berfoto bersama di Mabes TNI AD, Jakarta, Selasa (22/1/2020)

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!