Sekilas Info

KAPAL HILANG

Kapal Panji Saputra Diduga Tenggelam Dihantam Gelombang, Nasib Enam Penumpang Masih Misterius

FOTO: Humas Basarnas Ambon Drum berisi avtur ditemukan di perairan Tayando, Kota Tual, Selasa (21/1/2020).

satumalukuID- Hingga kini belum diketahui pasti nasib enam penumpang KLM Panji Saputra, dua diantaranya prajurit Kodam XVI/Pattimura. Dugaan sementara, kapal tenggelam setelah dihantam gelombang.

Dugaan kuat kapal dihantam gelombang, ini dibuktikan dengan ditemukannya dek kapal naas itu, kursi, tas pakaian, dan 8 buah drum berisi bahan bakar jenis avtur tersebut.

Barang bawaan kapal Panji Saputra itu ditemukan warga di perairan Tayando, Kota Tual, Selasa (21/1/2020) sekira pukul 16.46 WIT.

Atas penemuan itu, KN SAR 242 Bharata milik Basarnas dikerahkan menuju lokasi penemuan. Ternyata benar adanya, barang bawaan kapal itu terapung di perairan laut tersebut.

"Kemarin ditemukan 8 buah drum avtur, dek kapal, tas pakaian yang berisi pakaian dinas atas nama Aswadin Ali dan kursi," kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, saat ditemui satumalukuID, Rabu (22/1/2020).

Muslimin menduga, kapal dihantam gelombang dan hingga saat ini ke enam penumpang diantaranya La Mufik, La Jou, Ongki, Muhammad Juniarto dan dua prajurit Kodam Pattimura yakni Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun.

"Mereka hilang. Kami tidak tahu meninggal atau tidak karena tidak ditemukan (jenasah). Kalau bilang hilang ya mereka masih hilang dan belum ditemukan," tandasnya.

Untuk diketahui, KLM Panji Saputra berawak 6 orang. Yaitu La Mufik, La Jou, Ongki dan satu tak dikenal. Sementara dua lainnya yaitu anggota Kodam XVI/Pattimura yakni Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun.

Kapal ini berangkat Selasa (7/1/2020) menuju Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sesuai estimasi perjalanan, kapal bermuatan kurang lebih 5.000 liter BBM avtur ini harusnya tiba pada Sabtu (11/1/2020).

Hingga saat ini keberadaan kapal belum diketahui. Nasib ke enam orang penumpangnya juga masih misterius.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!