Sekilas Info

KAPAL HILANG

Cari 4 ABK dan 2 Anggota Kodam Pattimura, TNI Tambah Pesawat Lagi untuk Pencarian dari Udara

Foto: Penina F Mayaut Tim gabungan melakukan operasi udara pencarian kapal Kapal KLM Panji Saputra yang hilang sejak Selasa (7/1).

satumalukuID - Upaya pencarian terhadap empat ABK KLM Panji Saputra dan 2 anggota TNI terus dilakukan secara maksimal. Tim Gabungan menambah lagi bantuan pesawat dari Pangkalan TNI AU Biak untuk membantu pencarian dari udara.

Sebelumnya, dalam upaya pencarian operasi udara ini, TNI AL turut mengerahkan pesawat CN 235 TNI AL dari Koarmada III Sorong yang target utama pencarian seputar wilayah tenggara Pulau Ambon.

Sedangkan upaya pencarian lewat laut dilakukan dengan pengerahan Kapal KN Abimanyu milik Basarnas Ambon, Kapal Tanjung Alang milik Polairud Polda, Kapal KAL. P. Nustual 1-9-16 milik Lanal Saumlaki dan Kapal Kal. Hutumuri milik Lantamal IX Ambon.

"Pencarian yang dilakukan ini, kami berkoordinasi langsung dengan Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono Putra, untuk mengerahkan lewat operasi udara dengan CN 235 milik TNI AU," kata Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, di Ambon, Selasa (21/1/2020).

Danlanud menjelaskan, upaya pencarian Kapal KLM Panji Saputra yang membawa empat ABK dan dua Anggota TNI AD, dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) Provinsi Maluku, Basarnas Provinsi Maluku, serta unsur terkait lainnya.

"Kabar hilangnya kapal KLM Panji Saputra langsung direspon dengan upaya pencarian, diawali rapat koordinasi operasi oleh tim gabungan," kata Danlanud.

Ia menjelaskan, TNI AU sementara melaksanakan operasi lintas panah 20 dari Lanud Manuhua Biak menuju Lanud Pattimura Ambon.

Dalam menjalani rute Biak - Dobo - Tual hingga Ambon pesawat milik TNI AU ini juga melaksanakan pencarian dan pengamatan terhadap objek yang diduga KLM Panji Saputra.

Upaya pencarian Kapal KLM Panji Saputra yang telah memasuki hari ke-13 ini dilibatkan tim gabungan.

"Sejak hari pertama hilang kontak, telah dilakukan upaya pencarian, tetapi hingga kini belum menemukan hasil sehingga dilibatkan tim gabungan untuk menyisir wilayah yang lebih luas," ujarnya.

Dua Prajurit Kodam XVI/Pattimura Serda Aswadin Ali serta Pratu Midun (berbaju kaos) dan empat ABK KLM Panji Saputra yang hilang dalam perjalanan dari Ambon ke Saumlaki dan Moa membawa lima ribu liter avtur milik Kodam XVI/Pattimura.

Baca Juga

error: Content is protected !!