Sekilas Info

PILKADA 2020

KPU Maluku Ingatkan Calon dari Parpol Harus Didukung dengan Persyaratan Minimal Jumlah Kursi

Tiara Salampessy Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

satumalukuID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku berharap peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, baik itu bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati, agar senantiasa aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada.

"Saya berharap seluruh pihak dapat senantiasa berkoordinasi dan berkomunikasi sehingga dapat dibantu mengenai jalur persyaratan yang akan dipenuhi," ujar Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, kepada satumalukuID, di Ambon, Senin (20/1/2020).

Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai proses pendaftaran calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Maluku.

"Untuk proses pendaftaran telah kami lakukan sosialisasi di beberapa tempat pada empat kabupaten yang menggelar Pilkada serentak 2002, yakni Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru, serta Maluku Barat Daya," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga, kata Syamsul, sudah menyampaikan bahwa terdapat perbedaan antara Pilkada serentak 2020 dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tahun 2018 lalu.

Menurut Syamsul, perbedaan tersebut terutama pada saat porses penyampaian dukungan dan syarat bagi calon perseorangan.

"Seluruh proses akan sedemikian rupa berbeda dari masa pendaftaran, proses penerimaan, proses administrasi, verifikasi, rekapitulasi hingga pada proses dukungan," terangnya.

Syamsul menyebutkan untuk proses dukungan, harus sudah selesai pada sebelum masa pendaftaran, dan hal tersebut terus disosialisakin di empat kabupaten yang bakal menggelar Pilkada 2020.

"Seluruh proses sosialisasi yang telah kita selesaikan, hingga sampai pada tahap para bakal calon yang harus mengambil password untuk menginput seluruh data," ujarnya.

Dia katakan, seluruh data tersebut akan diinput melalui aplikasi sistem informasi pencalonan, dan kemudian akan dicetak dan disampaikan kepada KPU.

Untuk calon melalui partai politik, Syamsul sampaikan, bahwa para calon harus didukung dengan persyaratan minimal jumlah kursi yang telah ditetapkan oleh masing-masing kabupaten.

"Untuk jumlah kursi tergantung pada ketentuan kabupaten, ada yang berjumlah empat atau lima kursi. Dan hal tersebut menjadi salah satu syarat pencalonan, dan yang terpenting seluruh proses tersebut harus dilakukan sejak tanggal 16 hingga 18 Juni 2020," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!