Sekilas Info

PILKADA 2020

KPU Maluku Butuh Dukungan Jaringan Internet dari Pemprov untuk Proses Perhitungan Elektronik

Tiara Salampessy Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

satumalukuID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terkait sarana dan prasarana penunjang jaringan internet, terutama bagi empat kabupaten di daerah ini yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

"Kami sudah harus mulai menyiapkan jaringan internet pada empat kabupaten yang bakal menggelar Pilkada 2020 yakni Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya, terutama untuk mendukung proses elektronic recap (E-Recap)," ujar Syamsul kepada satumalukuID, di Ambon, Senin (20/1/2020).

Dia mengaku, saat ini memang ada isu berkaitan dengan KPU untuk kebijakan proses E-Recap, yang akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat melakukan proses pemungutan suara di tingkat KPPS.

"Saat proses pemungutan suara berlangsung, maka akan diadakan digitalisasi rekapitulasi yakni dalam bentuk E-Recap, karena itu prosesnya sangat tergantung pada dukungan jaringan internet," tandasnya.

Pihaknya, lanjut Syamsul, sudah menyampaikan hal ini kepada Pemerintah Provinsi Maluku. Terutama mengenai kendala-kendala teknis persoalan jaringan internet.

Menurut dia, pihak pemerintah provinsi menyebutkan mengenai pemetaan kecamatan, desa dan TPS yang nanti juga menggunakan basis digitalisasi. Sehingga mereka optimis kebijakan KPU RI berkaitan dengan E-Recap dapat terlaksana.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!