Sekilas Info

KAPAL HILANG

Kapolda Maluku Perintahkan Kapolres SBT Kerahkan Tim Cari Kapal Pengangkut Avtur yang Hilang

Humas Polres SBT Proses pencarian kapal Panji Saputra yang dilakukan tim gabungan dari Polres SBT, Senin (20/1/2020).

satumalukuID- Kepolisian Resor (Polres) Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, ikut mengerahkan tim SAR untuk melakukan pencarian terhadap kapal Panji Saputra bermuatan BBM Avtur milik Kodam XVI/Pattimura, yang diduga hilang di laut.

Pengerahan sejumlah personel pada Senin (20/1/2020) dilakukan setelah Kapolres SBT AKBP Adolof Bormasa menerima perintah dari Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa tentang turut membantu pencarian di perairan wilayah hukumnya.

"Setelah menerima perintah Kapolda Maluku, kami langsung instruksikan Wakapolres untuk mengerahkan tim pencari yang terdiri dari 5 anggota Sabhara, 4 Brimob, 6 Polair dan 1 Sispropam," kata Bormasa via selulernya.

Pencarian dimulai dari titik nol atau tepatnya pada pos Polair Polres SBT. Tim bergerak menggunakan kendaraan laut milik Polair SBT dengan rute perairan Pulau Parang, Bais, Kon Perbatasan Kecamatan Seram Timur dan Tutuktolu.

"Jarak tempuh 10 mil dan kembali ke titik kordinat nol tepatnya pada Pos Polair tadi pukul 17.30 WIT dalam keadaan aman dan terkendali. Saat ini hasilnya masih nihil," katanya.

Untuk diketahui, Kapal Panji Saputra rencananya menuju Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, membawa sebanyak 12 drum bahan bakar Avtur milik Kodam XVI/Pattimura.

Kapal itu berawak 4 ABK yaitu La Mufik, La Jau, Ongki dan seorang tak dikenal. Kemudian dua prajurit Satuan Bekang Kodam Pattimura yakni Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun. Mereka mengawal bahan bakar pesawat tersebut.

Kapal berangkat dari Pelabuhan Slamet Riyadi, Kota Ambon menuju Saumlaki, Selasa (7/1/2020) pukul 07.00 WIT. Sesuai estimasi perjalanan, harusnya kapal naas itu tiba pada Sabtu (11/1/2020). Tapi hingga kini tak kunjung sampai. Kapal hilang kontak dan baru dilaporkan ke Basarnas Ambon pada Sabtu (18/1/2020).

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!