Sekilas Info

MUSIK AMBON

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis Juga Sudah Terbuai dengan Lagu “Cinta Sakota” Mitha Talahatu

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meng-cover lagu Cinta Sakota milik Mitha Talahatu bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa di Ambon, Kamis (16/1/2020)

… Katong Dua Sakota deng motor matic
lewat Tanah Lapang Kacil
mampir dudu di Pantai Losari
Ku Menyanyi Su Bilang Cinta.

 Kanal Ta Iris Katong Pung Hati
Sio Nyong ee.
Akang Sama Deng Dong Manyanyi….

Penggalan lirik lagu Cinta Sakota di atas adalah kepunyaan Mitha Talahatu, ikon artis Ambon yang sangat populer belakangan ini. Lagu-lagu andalannya selalu mendapat apresiasi luas dari para panggemarnya, tidak hanya di Indonesia tapi juga sampai di Negeri Belanda.

Dan yang menarik, lagu-lagu yang dinyanyikan Mitha dan populer itu adalah lagu-lagu berbahasa Ambon.

Bagi sebagian kalangan, terutama di Kawasan timur Indonesia, kepopuleran Mitha Talahatu diidentikan dengan kepopuleran Kota Ambon. Bagi mereka, belum lah lengkap jika bicara Ambon tanpa menyebut Mitha Talahatu.

Mengapa Mitha begitu digemari? Yang pasti adalah bahwa memang suaranya sangat merdu. Mitha bernyanyi dari hati. Suaranya adalah suara hati, makanya siapapun yang mendengar lagu Mitha pasti terbuai, sekalipun mungkin mereka tidak mengerti bahasa Ambon.

Salah satu pemimpin redaksi media di Ambon bercerita, saat Kota Ambon kedatangan delegasi dari berbagai provinsi pada ajang Pesparawi Nasional lalu, sejumlah peserta daerah dari Kawasan timur Indonesia, sempat menanyakan di mana mereka bisa menemui Mitha Talahatu.

Mereka sangat mengidolakan Mitha, sampai-sampai ingin meluangkan waktu bertemu dengan artis pelantun lagu-lagu melow khas timur Indonesia itu. “Beta sampe heran juga e. Dorang bilang mau cari Mitha,” timpal Sang Pimred.

Mitha memang bukan artis on air yang suka eksis di televisi-televisi nasional. Dia typical artis off air, yang menjajal panggung ke panggung bernyanyi di hadapan pencinta musik di berbagai tempat.

Coba saja ketika nama Mitha Talahatu di Youtube, bisa dipastikan akan muncul ribuan video penampilan Mitha di berbagai daerah di Indonesia. Video-video baik yang official maupun di-cover orang lain, disaksikan jutaan viewer.

Mengapa Mitha begitu populer, terlebih di Kawasan timur Indonesia? Bisa jadi selain karena suaranya yang merdu, dia dianggap sosok perempuan khas Melanesia. Hitam manis Amboness dengan typical Melanesia yang exotic.

Jujur, kalau bicara Mitha, saya tak bisa mengenyampingkan salah satu artis yang kini jadi kepala daerah di Sulawesi Tengah, yakni  Pasha Ungu. Dalam berbagai penampilan resmi sebagai wakil walikota Palu maupun saat menghadiri acara-acara informal, Pasha selalu menyanyikan lagu Mitha Talahatu. Salah satu lagu favoritnya adalah Cinta Sakota, yang fully Bahasa Ambon.

Terlihat di sejumlah video, Pasha sangat fasih melafalkan kata per kata syair lagu tersebut, walau terkadang dia menyesuaikan dengan lokasi tempat dia tampil. Namun overall boleh bilang, Pasha sangat menyatu dengan lagu Mitha Talahatu Cinta Sakota ini.

Nah, yang menarik, baru terungkap yang menggemari lagu Mitha Talahatu, tak hanya Pasha Ungu yang memang artis papan atas. Ternyata, Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Idham Azis juga telah terhipnotis dengan lagu Cinta Sakota Mitha Talahatu.

Saat berkunjung ke Kota Ambon, Kamis dan Jumat (17/1/2020), Kapolri terlihat menyanyikan lagu tersebut saat beramah tamah dengan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa.

Dalam sebuah video yang diupload di facebook tim humas Pemprov Maluku, terlihat Kapolri menyanyikan lagu tersebut secara fasih. Dia didampingi Gubernur Maluku dan Kapolda Maluku.

Iko Jalur Mardika Ka Tantui
Itu Tampa Yang Paleng Romantis
Lampu Lima Tarus Ka Anjungan
Nyong Bilang Beta Polo Rapat.

Katong Pung Cinta Akang Su Damai
Bajalang Lurus
Turun Turun Batu Merah...

Berkarya dan menginspirasilah Mitha Talahatu. Lagu-lagu Ambon yang ale nyanyikan membuat semua orang larut dalam kebahagiaan.

Lagu-lagu Ambon yang Ale nyanyikan, sadar tidak sadar, ikut mempromosikan Kota Ambon yang sudah diakui Unesco sebagai Kota Kreatif Berbasis Musik.

Danke Nona….

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!