Sekilas Info

KAPAL HILANG

Hasil Pencarian Kapal Hilang Bermuatan Avtur, 4 ABK dan 2 TNI Anggota Kodam Pattimura, Nihil

Humas Basarnas Ambon Personel KN SAR Abimanyu, Basarnas Ambon tampak memantau keberadaan KLM Panji Saputra yang diduga hilang di laut, Minggu (19/1/2020).

satumalukuID- Seluruh potensi SAR dilibatkan mencari KLM Panji Saputra yang diduga hilang di laut Maluku. Jalur laut dan udara telah dilalui hari ini, Minggu (19/1/2020), meski begitu belum juga membuahkan hasil. Rencananya besok kegiatan pencarian kembali dilanjutkan.

Kapal Panji Saputra mengangkut BBM jenis Avtur. Kapal itu berawak empat orang ABK. Ditambah dua anggota Kodam XVI/Pattimura yang mengawal muatan avtur, bahan bakar pesawat tersebut.

Empat Anak Buah Kapal (ABK) Panji Saputra yaitu La Mufik, La Jau, Ongki dan seorang lagi belum diketahui identitasnya. Sementara dua prajurit dari satuan Bekangdam Pattimura yaitu Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun.

Kapal berwarna biru itu bergerak dari Kota Ambon menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa (7/1/2020) lalu. Kapal yang sedianya tiba pada Sabtu (11/1/2020) itu, hingga malam ini masih misterius.

"Kami tadi kerahkan KN SAR Abimanyu. Potensi SAR lainnya seperti dari Polda Maluku, Lantamal Ambon dan Kodam Pattimura juga turut mencari. Sampai hari ini hasilnya masih nihil dan akan terus melakukan pencarian,” kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, Minggu (19/1/2020).

Kepala Penerangan Kodam Pattimura Kolonel Inf. Jansen Simanjuntak yang dihubungi satumalukuID, mengatakan, avtur yang berada dalam kapal yang dibawa oleh dua anggota TNI itu berjumlah 12 drum.

Rencananya, bahan bakar pesawat itu untuk refuel atau pengisian bahan bakar terhadap pesawat yang digunakan Panglima seperti Pesawat Kassa atau Helly.

“Biasanya kan Panglima pakai helly mengecek pos-pos, cek satuan-satuan. Kalau ada pengecekan ke sana kan harus ada refuel, tak bisa kalau tidak refuel. Makanya disiapkan cadangan di sana. Kadang kan panglima pakai (pesawat) kasa, kadang pakai helly,” katanya.

Panglima Kodam XVI/Pattimura, tambah Simanjuntak, telah memerintahkan semua satuan yang ada di garis pantai untuk menyisir seluruh wilayah kerja masing-masing.

"Kemungkinan mereka terdampar atau apa kan, bisa saja.  Mudah-mudahan mereka ketemu dengan selamat,” harapnya.

Menurutnya, pencarian hari ini melibatkan Basarnas Ambon yang menggunakan KN. Abimanyu, kemudian pesawat udara CN 235 TNI AL dari Koarmada III Sorong, kapal Tanjung Alang Polairud Polda Maluku, KAL. P. Nustual 1-9-16 dari Lanal Saumlaki dan KAL. Hutumuri dari Lantamal IX/Ambon.

Rencananya, lanjut Simanjuntak, pencarian akan kembali dilanjutkan besok. Alutsista yang digunakan adalah KN SAR Bharata dari Pos SAR Tual milik Basarnas Ambon, dan kembali dikerahkan pesawat CN-235.

“Kapal AD-64, Kal. Hutumuri, dan Kal.P.Nustual 1-9-16 juga akan melaksanakan pencarian di sejumlah perairan laut Maluku," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!