Sekilas Info

KAPAL HILANG

Empat ABK dan Dua Anggota TNI Hilang Bersama Kapal Pengangkut BBM di Laut Maluku

FOTO : Basarnas Ambon Kondisi KLM Panji Saputra sebelum berangkat dari Kota Ambon, Selasa (7/1/2020).

satumalukuID- Empat orang Anak Buah Kapal (ABK) KLM Panji Saputra, yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) dikabarkan hilang di laut. Dalam kapal itu, juga terdapat dua anggota TNI Kodam XVI/Pattimura.

Kapal berpenumpang enam orang warga ini, hilang kontak saat hendak menuju Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Kapal itu berangkat dari Kota Ambon, Selasa (7/1/2020).

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, mengatakan, enam orang warga yang berada dalam kapal adalah terdiri dari ABK: La Mufik dan La Jau. Dua lainnya belum diketahui. Sedangkan dua anggota Bakengdam Pattimura yaitu Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun.

"Kapal muat BBM jenis Avtur dalam rangka refuel helly dalam rangka mendukung tugas. Berangkat dari Ambon 7 Januari 2020. Estimasi tiba 11 Januari. Namun sampai sekarang ini belum tiba dan tidak ada komunikasi lagi," katanya.

Setelah dikabarkan hilang kontak, kasus yang membahayakan nyawa manusia di laut ini kemudian dilaporkan pada 18 Januari 2020.

"Kami terima info hari ini pukul 11.00 WIT, dari dua pelapor yaitu Ibu Ati (pemilik kapal) dan Lettu Agung (DanBekang)," katanya.

Mendapat laporan itu, Muslimin mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Pos SAR Banda, Tual, Saumlaki dan Potensi SAR di setiap pelabuhan-pelabuhan.

"Namun sampai saat ini belum ada info terkait keberadaan kapal tersebut," terangnya.

Menurut Muslimin, pihaknya juga telah melakukan pemapelan ke kapal-kapal yang melintasi rute Ambon- Saumlaki. Ini dilakukan agar jika mengetahui tanda-tanda keberadaan kapal atau korban untuk segera disampaikan.

"Kita akan melakukan pencarian menggunakan Kapal Negara (KN) SAR," kata Muslimin kepada satumalukuID.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!