Sekilas Info

RESOLUSI PEMASYARAKATAN

Rutan Ambon Diminta Berikan Layanan Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif

satumalukuID - Pada tahun 2020 ini, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 2 A Ambon diminta memberikan seluruh layanan, dengan semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif, berdasarkan poin-poin yang terdapat dalam Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku, Anwar, saat Serah Terima Jabatan Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II A Ambon, di Kota Ambon, Sabtu (18/01/2020).

Pejabat lama Karutan Kelas II A Ambon, Irhamuddin, digantikan oleh Wahyu Nurhayanto yang sebelumnya menjabat Karutan Kelas II A Soa Siu, Maluku Utara. Sedangkan Irhamuddin selanjutnya ditunjuk sebagai Karutan Kelas II A Banda Aceh.

"Pada kesempatan ini saya ingin menghimbau kepada Kepala Rutan Kelas II A Ambon, agar dapat memenuhi target Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan 2020, yang merupakan bagian dari Deklarasi Janji Kinerja yang telah dilaksanakan sebelumnya," pinta Anwar.

Dia menyampaikan, bahwa Resolusi Pemasyarakatan adalah bentuk kesadaran terhadap perubahan tantangan ke depan serta kebijakan responsif sekaligus komintmen dari meningkatkan layanan publik.

"Oleh sebab itu seluruh jajaran Pemasyarakatan harus terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan di tahun 2020," tegasnya.

Resolusi Pemasyarakatan disebutnya, merupakan bentuk awareness Pemasyarakatan terhadap perubahan tantangan ke depan yang dipengaruhi oleh arus globalisasi, pola komunikasi, atau bahkan terjangan era disrupsi.

"Deklarasi ini juga sebuah kebijakan responsif sekaligus sebagai komitmen untuk melakukan penataan dalam rangka meningkatkan kinerja layanan publik," terangnya.

Dalam Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 ini, kata dia, memuat 15 Poin yang semuanya memiliki target besar serta memerlukan adanya dukungan semua pihak untuk menyukeskannya.

"Oleh sebab itu saya mengharapkan agar kita semua, termasuk jajaran Rutan Kelas II A Ambon dapat menindak lanjuti poin-poin Deklarasi Resolusi tersebut, guna mewujudkan Revitalisasi Pemasyarakatan," tuturnya.

Menyinggung soal serah terima jabatan, Anwar katakan, sampaikan bahwa mutasi dan promosi untuk menduduki sebuah jabatan yang baru merupakan hal wajar dalam perjalanan karier seseorang yang benar-benar harus dipahami.

"Hal ini harus diterima sebagai sebuah penghargaan dan amanah serta suatu penyegaran dalam pelaksanaan tugas," imbuhnya.

Menurut Anwar, serah terima jabatan merupakan suatu momen penyerahan tugas sekaligus perpisahan kepada pejabat lama dan menjadi acara sambutan bagi pejabat baru.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!