Sekilas Info

PILKADA BURSEL

Tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Buru Selatan Dimulai, Dana Penyelenggaraan Capai Rp21,9 Miliar

Pelaksanaan Lauching Pilkada 2020 Kabupaten Buru Selatan, di Namrole, Kamis (16/1/2020).

satumalukuID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buru Selatan (Bursel) me-launching Pilkada Serentak 2020 pada 23 September mendatang. Kegiatan tersebut sebagai tanda dimulainya pentahapan Pilkada di kabupaten tersebut.

Acara berlangsung di Gedung Serbaguna Namrole, Kamis (16/1/2020), dihadiri Sekda Bursel Iskandar Walla, Ketua KPU Maluku Samsul Rifan Kubangun, Ketua KPU Buru Munir Soamole dan jajaran TNI/Polri serta para pimpinan partai politik, ormas, tokoh adat dan lainnya.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Rifan Kubangun didampingi jajaran KPU Bursel, Bawaslu bersama Sekda Bursel, melakukan pemukulan gong menandakan launching Pilkada 2020 resmi dilaksanakan.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Maluku menyampaikan bahwa, Pilkada Kabupaten Bursel menjadi tanda bahwa seluruh perangkat KPU setempat telah siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada dimaksud.

“Kegiatan launching yang dilaksanakan saat ini merupakan bukti bahwa KPU Kabupaten Bursel telah siap lahir batin untuk melaksanakan Pilkada di daerah ini,” ujar Kubangun.

Menurutnya, suksesnya Pilkada tidak akan terlepas dari hubungan persaudaraan yang harus tetap dijaga dalam kegembiraan pesta demokrasi ini.

"Mari tetap jaga hubungan persaudaraan di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena ini. Mari kita jaga semangat ini sehingga Pilkada ini pun akan berlangsung dalam kondisi penuh persaudaraan,” harap Kubangun.

Sementara itu, Sekda Bursel Iskandar Walla mengatakan, momentum pelaksanaan kegiatan launching Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bursel ini adalah genda yang mengandung sebuah makna bahwa hari ini KPU Kabupaten Bursel beserta seluruh masyarakat telah siap berpesta demokrasi lima tahunan untuk melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020.

Dikatakan, pengalaman penyelenggaraan pemilihan umum di daerah ini dari waktu ke waktu, hendaknya menjadi pelajaran penting dalam membenahi pelaksanaan pemilihan saat ini dan dimasa-masa yang akan datang.

“Kedepan penyelenggaraan pemilihan di daerah ini akan semakin mengalami kemajuan, baik dalam hal teknis pelaksanaan maupun kematangan  dan kecerdasan pemilih untuk menentukan pilihan politiknya, sehingga akan terwujud suasana yang rukun, aman dan damai dalam bingkai orang basudara (Kai Wait) ,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bursel Syarif Mahulauw, menyampaikan terimakasih karena Pemerintah Kabupaten Bursel yang telah sanggup mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 21.912.511.000 dari usulan KPU Bursel sebesar Rp. 25.383.484.804.

Penulis: syaiful tuanaya
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!