Sekilas Info

SINERGITAS TNI-POLRI

Panglima TNI dan Kapolri Minta Prajurit di Maluku Terus Kedepankan Sinergitas dan Profesionalitas

ANTARA/Fathur Rochman Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberi arahan kepada 2.900 prajurit TNI/Polri di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-/2020).

satumalukuID - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis meminta kepada jajaran prajurit TNI/Polri di wilayah Maluku untuk terus mengedepankan sinergitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

Sebagai dua institusi dengan kekuatan yang besar, sinergitas antara TNI dan Polri sangat penting guna menjaga stabilitas keamanan nasional.

"Karena kekuatan vertikal dari TNI 480.000 orang, Polri 460.000 orang dan bersenjata. Apabila dua institusi ini jadi satu, yang didapat adalah stabilitas keamanan di Indonesia pasti tercapai. dan pembangunan di Indonesia akan berjalan baik," ujar Panglima TNI Hadi Tjahjanto di hadapan ribuan prajurit gabungan TNI/Polri dalam kunjungan kerja di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Maluku, Jumat (17/1/2020).

Hadi pun berharap sinergitas yang telah terjalin baik antara TNI dan Polri di Maluku bisa terus terjaga dengan baik. Terlebih, pada tahun ini, akan terdapat dua kegiatan besar yang akan dihadapi, yakni pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak serta gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Berkaca dari suksesnya pengamanan Pilkada 2019 dan pemilu anggota legislatif serta Pemilu Presiden/Wakil Presiden, Hadi yakin para prajurit TNI dan Polri di Maluku akan bisa memberikan pengamanan maksimal pada dua kegiatan tersebut.

"Tugas kami adalah mengamankan suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak dan PON 2020. Dua event besar itu apabila kita melihat suksesnya pelaksanaan tugas-tugas pada tahun 2018 dan 2019 saya yakin kita bisa melaksanakan dengan baik," ucap Hadi.

Hadi juga meminta prajurit TNI/Polri di Maluku untuk bersinergi dalam mengantisipasi kemungkinan adanya bencana alam yang terjadi pada tahun ini, seperti bencana banjir dan tanah longsor di awal tahun, serta bencana kekeringan di pertengahan hingga akhir tahun.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kapolri Idham mengaku terharu atas sinergitas dan soliditas kuat yang terjalin antara prajurit TNI dan Polri di Maluku.

"Saya ingin memberi apresiasi terhadap sinergitas yang teman-teman telah tunjukkan kemarin sejak di bandara, Bapak Panglima menaruh kagum yang sangat luar biasa betapa kalian semua hadir menunjukkan sinergitas itu di pinggir jalan menyambut Bapak Panglima," ujar Idham.

Kapolri melanjutkan, "Saya menaruh respek dan hormat yang tinggi atas sinergitas yang telah dibangun oleh jajaran TNI dan Polri di Ambon ini. Teruskanlah karena kita adalah bagian dari NKRI ini yang harus menjaga terus agar NKRI ini tetap tegak berdiri sampai dunia ini kiamat."

Sama seperti arahan Panglima Hadi, Kapolri Idham juga berpesan agar sinergitas dan soliditas ini tetap terus terjaga untuk menyukseskan berbagai agenda besar yang akan digelar, seperti pilkada serentak.

"Pesan saya selaku pimpinan Polri terhadap seluruh rekan-rekan sekalian, pegang teguh netralitas, kamu tidak ke kiri, tidak ke kanan, tetapi kamu ikuti saja tugas yang sudah diberi oleh pimpinanmu, komandanmu, Insya Allah semua pelaksanaan pilkada nanti di Ambon ini akan aman dan terkendali," ujar Idham.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Panglima Hadi dan Kapolri Idham juga melakukan kegiatan penanaman dua pohon rotem sebagai bentuk simbolis upaya reboisasi mengantisipasi timbulnya bencana alam akibat kurangnya penghijauan.

Usai melakukan kunjungan kerja di Lantamal IX Ambon, Panglima Hadi, Kapolri Idham, dan rombongan menyambangi Polda Maluku untuk melaksanakan peninjauan dan ramah tamah. Setelah itu, rombongan direncanakan akan bertolak dari Landasan Udara Pattimura untuk kembali ke Jakarta.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis menanam pohon rotem di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-2020). ANTARA/Fathur Rochman

Baca Juga

error: Content is protected !!