Sekilas Info

Buah Durian Mulai Serbu Setiap Sudut Jalan di Kota Ambon

satumalukuID - Awal Januari 2020, merupakan musim panen pertama buah durian. Itu sebabnya tidak mengherankan, hampir setiap sudut jalan di Kota Ambon dapat kita temui pedagang musiman buah durian.

Beberapa kawasan di Kota Ambon yang bisa kita temukan pedagang musiman buah durian ini antara lain di Batu Meja, seputaran Kantor RRI Ambon, Batu Gantung, Talake, Waihaong, Pasar Mardika, Batu Merah, Tantui, Passo, Waiheru dan Wayame.

"Durian yang saya jual ini berasal dari daerah Taniwel di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Dalam seminggu tiga kali kami langsung mengambil pasokan durian dari sana," ujar James Pattinama, salah satu pedagang durian, yang dijumpai satumalukuID di daerah Pelabuhan Tadisional Slamet Riyadi atau akrab disebut kawasan Belakang Kota, Ambon, Jumat (17/01/2020).

James menuturkan, awal Januari 2020 merupakan panen pertama durian dan akan berlangsung sampai bulan Maret atau awal April, tergantung jumlah buah yang tersisa di pohon.

"Jika buah banyak, kemungkinan akan panen hingga bulan April. Kondisi yang kita lihat saat ini memang cukup banyak buah yang dipanen pada awal Januari," terangnya.

James sampaikan harga durian tergantung ukuran dan lokasi penjualan, sebab untuk dalam kota akan sedikit lebih mahal.

"Jika di wilayah dalam kota, harga dimulai dari Rp.15.000 hingga Rp.30.000 perbuah, tergantung juga kondisi buah apakah sudah matang atau masih mentah," jelasnya.

Namun di pinggiran kota, seperti di kawasan Passo, harganya berkisar Rp.10.000 untuk ukuran kecil, Rp.15.000 untuk ukuran sedang, dan Rp.25.000 untuk ukuran besar.

Untuk buah durian yang masih mentah dan sudah dilepaskan dari kulit, kata James, berkisar dari Rp.10.000 hingga Rp.20.000 per tumpuk.

"Banyak pembeli yang suka memakan durian mentah, karena sedikit lebih susah untuk dibuka makanya kami jual dengan kondisi sudah lepas dari kulit," ucapnya.

Dalam sehari James mengaku mendapatkan pemasukan hingga Rp.2.500.000, jika sedang ramai pembeli.

"Dalam satu kali stok kami bisa membawa hingga 2.000 buah durian, dan mulai berjualan sejak pukul 10.00 WIT hingga 00.30 WIT," ungkapnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!