Sekilas Info

MUTASI

Undang Mugopal Jadi Wakajati Maluku, Herwin Ardiono Jadi Kajari Maluku Barat Daya

Daniel Leonard Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handono melantik Dr. Undang Mugopal, SH.,M.Hum sebagai wakajti setempat menggantikan Dr.Erryl Prima Putera Agoes, SH.MH yang dipromosikan sebagai Wakajati Jawa Tengah. Rabu (15/1/2020).

satumalukuID - Undang Mugopal dilantik menjadi Wakajti Maluku menggantikan Erryl Prima Putera Agoes, yang dipromosikan sebagai Wakajati Jawa Tengah.

Pelantikan dipimpin Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handono di Aula lantai 2 Kantor Kejati Maluku, Rabu 15/1/2020).

Undang Mugopal sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Desa PDT. Dia juga pernah bertugas di Kejati Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pada saat yang sama, Kajati juga melantik Herwin Ardiono,sebagai Kajari Maluku Barat Daya (MBD) menggantikan Ivan Damanik,  yang dimutasikan sebagai sebagai Kejari Rokan Hulu di Pasir Pengaraian.

Kepada para pejabat baru dan jajaran kejaksaan di Maluku, Kajati menekankan tujuh point penekanan tugas yang harus segera dilaksanakan untuk membangun kejaksaan sebagaimana yang diharapkan.

"Yakni melakukan identifikasi dan analisis dan formulasikan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hukum di daerah guna akselerasi pelaksanaan tugas," jelas Kajati.

Kemudian mewujudkan penegakan hukum yang tidak hanya berpijak pada aturan hukum positif, namun dalam hal tertentu perlu juga mempertimbangkan nilai-nilai keadilan yang berkembang di masyarakat.

Selain itu perlu menciptakan penegakan hukum yang memastikan terciptanya kepastian dan suasana kondusif bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan investasinya sehingga dapat berkorelasi positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. nasional.

"Representasikan seluruh jajaran sebagai penegak hukum yang sejalan dan selaras dengan visi dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan "Indonesia  Maju" dalam penegakan hukum yang berkualitas dan mampu mendukung terciptanya keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Jaksa juga harus meningkatkan kewaspadaan dan rasa tanggungjawab memiliki dengan terus melakukan pengawasan melekat di lingkungan jajaran masing-masing sehingga berbagai bentuk penyimpanan dapat diatasi dan dicegah.

Terlebih pemantauan kepada setiap personil dari paham radikalisme dan ujaran kebencian yang seringkali terpapar atau diunggah melelui media sosial yang dimiliki.

"Berikan kontribusi positif secara konsisten dan berkesinambungan dalam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sebagai bagian dalam upaya mempercepat tercipta nya reformasi birokrasi," tandasnya.

Tumbuhkan dan pelihara soliditas dan kebersamaan dalam ikatan jaksa itu satu dan tidak terpisah-pisahkan (een en ondelbaar), serta jauhkan sikap ego sektoral, perkuat sinergitas dan koordinasi yang utuh antar masing-masing bidang, guna optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan.

Bagi para Kajari yang wilayah hukumnya akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun 2020 agar senantiasa mengawal dan menjaga proses pilkada pada setiap tahapannya, melalui upaya hukum yang tidak memihak, tidak diskriminatif serta bebas dari anasir dan muatan yang didasari pada kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Kajati berharap pejabat yang baru dilantik mampu memberikan energi positif dan semangat baru sehingga dapat meningkatkan kinerja yang optimal dan lebih baik lagi, teriring apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh pengabdian.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!