Sekilas Info

KASUS TAMBANG ILEGAL

Polres Seram Bagian Barat Tangkap Enam Warga Penambang Cinnabar Ilegal

Ian Toisutta Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat.

satumalukuID– Aparat Kepolisian Resor (Polres) Seram Bagian Barat (SBB) kembali menangkap enam orang warga, penambang batu cinnabar ilegal. Mereka diamankan di kawasan pertambangan gunung Batu Tembaga, Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB, Rabu (8/1/2020) lalu.

Para penambang ilegal yang diamankan adalah Pendi Wairaisa dan istrinya Fatmawati, Fentje Pattipelohy, Mandri, Moksin Palisoa, serta Ahmad Kaliki. Enam warga itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan mendekam di penjara, rumah tahanan Polres SBB.

“Jadi sebelumnya itu pak Kapolda sudah perintahkan agar gunung batu tembaga itu harus zero. Tidak ada lagi penambang-penambang ilegal di sana," ungkap Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Setelah mendapat arahan dan perintah, Kepolisian bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat melakukan penyuluhan. Masyarakat dihimbau agar tidak melaksanakan aktivitas pertambangan secara ilegal. Sebab, hal itu sangat berbahaya terhadap lingkungan hidup.

"Disamping itu Kapolres juga melakukan penindakan. Mereka menangkap 6 penambang cinnabar ilegal, yang beraktivitas di gunung tembaga," katanya.

Saat penindakan dilakukan, sebanyak 164 Kg material bahan kimia berbahaya itu diamankan. Polisi juga mengamankan uang tunai sebesar Rp 16.700.000.

"Barang bukti yang kami amankan juga adalah satu unit kendaraan, 164 Kg cinnabar di dalam sejumlah karung," ujarnya.

Juru bicara Polda Maluku ini menghimbau kepada masyarakat agar menghentikan penambangan ilegal. Sebab, jika ditemukan maka pihaknya akan menindak sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Kami minta masyarakat untuk mengentikan penambangan ilegal, karena pasti akan berhadapan dengan aparat kita di sana. Dan saat ini aparat sudah disiagakan di sana," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!