Sekilas Info

PENERTIBAN PARKIR

Mobil Parkir Menginap di Badan Jalan, Siap-siap Bayar Denda Rp500 Ribu; Uji Coba di Sudirman dan Rijali

Mobil derek Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon yang digunakan untuk menertibkan kendaraan roda empat atau lebih yang parkir di badan jalan.

satumalukuID – Pemilik kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memiliki garasi tampaknya harus waspada. Terlebih bagi mereka yang suka menginapkan mobilnya di badan jalan. Sebab, Dinas Perhubungan Kota Ambon akan melakukan tindakan penertiban berupa penggembokan atau penderakan serta dikenai denda Rp500 ribu.

Kebijakan tersebut saat ini sudah mulai dijalankan dengan memberi surat pemberitahuan. Sejumlah ruas jalan yang dilakukan sosialisasi sekaligus uji coba penertiban kendaraan roda empat atau lebih yang parkir nginap pada ruas jalan diantaranya jalan Jenderal Sudirman dan Rijali.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette, Selasa (14/1/2020) mengatakan, penertiban kendaraan yang parkir di badan jalan sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2019, tentang Penyelenggaraan parkir.

Terhitung mulai Selasa (14/1/2020) pihaknya telah memberikan surat pemberitahuan bagi masyarakat pemilik kendaraan roda empat atau lebih untuk tidak menggunakan badan jalan sebagai ruang parkir garasi (parkir semalam).

"Kita berharap surat edaran ini dapat ditindaklanjuti dengan tidak memarkirkan kendaraan di badan jalan, " katanya.

Dijelaskannya, masyarakat yang melanggar akan dilakukan penindakan berupa penggembokan atau penderekan kendaraan.

Selain itu akan dikenakan sanksi berupa pembayaran denda ke kas daerah kota Ambon sebesar Rp500 ribu.

Sejumlah ruas jalan yang dilakukan sosialisasi sekaligus uji coba penertiban kendaraan roda empat atau lebih yang parkir nginap pada ruas jalan diantaranya jalan Jenderal Sudirman dan Rijali.

"Setelah sosialisasi akan dilanjutkan dengan penindakan, bukan lagi dengan sistem gembos ban, tetapi gembok pada kendaraan yang salah parkir, setelah itu kendaraan akan diderek, " ujarnya.

Robby menambahkan, penertiban akan mulai Januari 2020, setelah petugas Dishub melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai aturan parkir.

"Mobil derek kami sudah siap untuk menderek kendaraan yang masih memarkirkan kendaraan di badan jalan" katanya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna memastikan proses penertiban berjalan lancar.

Baca Juga

error: Content is protected !!