Sekilas Info

BENCANA ALAM

Gempa Bermagnitudo 4.2 Guncang Piru, BMKG Minta Warga Jangan Panik

satumalukuID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat jangan panik dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menyusul gempabumi berkekuatan 4.2 SR mengguncang wilayah Piru, Seram Bagian Barat (SBB) dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi, dalam keterangannya keada wartawan, Selasa (14/01/2020), menyebutkan gempa yang terjadi pukul 13:41:15 WIT ini, terletak pada koordinat 3.01 LS dan 127.9 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 33 km Barat Piru, SBB pada kedalaman 10 km.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG Maluku, memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenter, maka gempabumi tersebut merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesal Lokal," terang Sunardi.

Menurut dia, dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat, dirasakan di Piru III MMI atau getaran dirasakan nyata seakan-akan ada truk berlalu. "Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang," ujarnya.

Dia menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 15:05 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan terjadi aktivitas gempabumi susulan atau aftershock sebanyak satu kali," tuturnya.

Sunardi menghimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!