Sekilas Info

KASUS NARKOBA

Sudah Beberapa Kali Pakai Sabu, Tiga Oknum Polisi yang Diciduk di Aspol Tantui Ditetapkan Tersangka

Ian Toisuta Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease Kombes Leo SN Simatupang bersama Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat saat melakukan ekspose public para tersangka kasus narkoba yang diciduk di Asrama Polisi Tantui, Ambon, Selasa (14/1/2020).

satumalukuID - Tiga oknum anggota Polda Maluku yang ditangkap usai pesta narkotika jenis sabu antara lain Bripka ILO (35), Brigpol ED (32) dan Brigpol AM (32), bersama dua warga sipil yaitu SU dan seorang wanita berisinial HL, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Lima pelaku ini disangkakan menggunakan Undang-Undang Narkotika nomor 35 tahun 2009. Mereka dijerat Pasal 112, Pasal 114 dan atau atau Pasal 127 dengan ancaman 4 tahun sampai dengan 20 tahun penjara.

"Untuk penjual narkotika jenis sabu ini masih kita dalami," kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).

Simatupang mengaku saat ditangkap, tiga oknum polisi bersama dua warga sipil itu sudah usai pesta sabu. Mereka memakai di dalam kamar milik salah satu tersangka anggota polisi berinisial Ilo.

"Pemilik narkotika adalah SU (warga sipil) dan EN (polisi) ditemukan satu paket kecil. Untuk perempuan ini teman mereka," katanya.

Tiga oknum polisi dan dua warga sipil ini diakui telah memakai sabu lebih dari sekali. "Mereka sudah menggunakan beberapa kali. Kalau pesta sabu di asrama baru saat itu dan langsung ditangkap," ujarnya.

Sebelumnya, tim Satuan Reserse Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, berhasil membekuk lima orang usai pesta narkotika jenis sabu-sabu. Tiga diantaranya oknum anggota Polda Maluku. Dua lainnya warga sipil yaitu SU (46) dan seorang wanita berinisial HL (30).

Sementara tiga oknum polisi yang dibekuk adalah Bripka ILO (35) Brigpol ED (32) dan Brigpol AM (32). Parahnya lagi, mereka pesta sabu di dalam asrama polisi, Ditsabhara Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (13/1/2020) dini hari.

Penangkapan berawal ketika tim anti narkoba dari Polresta Pulau Ambon melakukan penyelidikan terhadap SU. Dia diikuti saat menuju Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, untuk membeli sabu-sabu.

Usai membeli sabu, SU kembali ke Kota Ambon. Dia mengendarai sepeda motor MX dengan nomor polisi DE 2407 LY. Motor berwarna mix hitam dan putih itu dikemudikan kencang.

Dari belakang, tim Satresnarkoba terus membuntuti yang bersangkutan hingga masuk ke dalam kawasan asrama polisi, Tempat Kejadian Perkara (TKP). Target terpantau masuk di dalam kamar anggota Bripka Ilo.

“Saat itu tim berkoordinasi dengan Kasi Propam Polresta Ipda Yabes Payung dan Ipda M. Iqbalul Fikri (Danton 3 B Dit Samapta) untuk bersama sama menyaksikan penggeledahan. Ditemukan satu paket sabu-sabu. Lima pelaku mengaku baru selesai nyabu,” kata sumber yang meminta namanya dirahasiakan.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!