Sekilas Info

PENTAHBISAN MAJELIS JEMAAT

56 Anggota Majelis Jemaat GPM Silo dan Ribuan Lainnya di Maluku dan Maluku Utara Ditahbiskan

Pelantikan Majelis Jemaat GPM Wassu, Minggu (12/1/2020)

satumalukuID – Sebanyak 56 majelis jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Silo, Klasis Kota Ambon periode 2020 – 2025, Minggu (12/1/2020), ditahbiskan. Hal yang sama juga serentak dilakukan pada 761 Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) yang berada di wilayah pelayanan 34 Klasis di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Ketua MJ GPM Silo, Pdt Jan Matatula STh kepada media ini Sabtu (11/1) menjelaskan, ‎ majelis jemaat yang ditahbiskan seluruhnya berjumlah 56 orang.

"Terbagi atas 28 penatua dan 28 diaken. Mereka dipilih pada bulan November 2019  oleh warga jemaat yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 1.9‎65 orang," jelas Matatula.

Sementara itu, data lain yang dihimpun khususnya pada Klasis GPM Kota Ambon terdapat 20 jemaat gereja. Dimana dari jumlah itu akan ditahbiskan sebanyak 734 majelis jemaat.

Gereja-gereja di Klasis GPM Kota Ambon dan Klasis Pulau Ambon yang memiliki jumlah jemaat yang besar selain Silo, diantaranya Bethel, Bethania,  Imanuel, Rehoboth, Nehemia, Syalom, Ebehaezer, Gatik,  Passo dan lainnya.

Sebelumnya belum lama ini, Sekretaris Umum Badan Pekerja Harian (BPH) Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella STh yang dihubungi media ini, mengungkapkan, dari data manual calon majelis yang ikut pemilihan sebanyak kurang lebih 20 ribuan orang di 34 Klasis yang berada di wilayah pelayanan Maluku dan Maluku Utara.

Itu berarti mereka yang terpilih adalah setengah dari jumlah tersebut, maka jumlah MJ yang ditahbiskan di seluruh gereja dari 34 Klasis Sinode GPM adalah sebanyak kurang lebih 10 ribu orang.

Maspaitella menambahkan, jumlah total kepala keluaga  (KK) di lingkungan Sinode GPM sesuai data manual tahun 2018 adalah sebanyak 131.486 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 575.405 yang berada di 34 Klasis dengan  total jumlah jemaat gereja 761.

"Jadi, dari 572.405 jiwa tersebut, sekitar 80 persen nya adalah warga jemaat yang sudah mengikuti peneguhan Sidi.  Sehingga merekalah yang berhak memilih dan dipilih dalam proses demokrasi pemilihan majelis jemaat di lingkungan GPM di Provinsi Maluku dan Maluku Utara," ungkapnya.

Pantauan media ini, di beberapa jemaat Klasis GPM Kota Ambon untuk periode lima tahun ke depan, cukup banyak kalangan anak muda atau milenial yang bersedia ikut pemilihan MJ dan akhirnya terpilih untuk berbakti dan melayani pekerjaan Tuhan yang mereka imani.

Dari catatan satumalukuID, mereka yang dilantik sebagai majelis jemaat GPM hari ini adalah hasil pemilihan majelis jemaat yang dilaksanakan Senin 4 November 2019 lalu.

Marviano Pinontoan,24, (tengah) saat menerima cindera mata dari Ketua Majelis Jemaat GPM Silo sebagai Diaken termuda. Marviano juga merupakan salah satu anggota majelis jemaaat termuda di GPM Klasis Kota Ambon.

Baca Juga

error: Content is protected !!