Sekilas Info

CUACA EKSTRIM

Gelombang Tinggi Diprediksi Masih Terjadi Selama Dua Hari di Maluku

Foto ilustrasi

satumalukuID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, masih memprediksi terjadinya gelombang tinggi pada sejumlah wilayah di Maluku.

Gelombang tinggi diperkirakan terjadi mulai hari ini, Sabtu (11/1/2020) sampai besok, Minggu (12/1/2020).

Tinggi gelombang yang akan terjadi diprediksi setinggi 1.25 meter hingga 2.50 meter. Ini berpeluang terjadi di beberapa perairan, diantaranya Laut Seram dan Laut Banda. Perairan Kepulauan Sermata, Leti hingga Tanimbar, juga bakal dilanda hal serupa.

"Gelombang tinggi juga akan terjadi di perairan Kepulauan Kai hingga Kepulauan Aru, laut Arafura bagian Barat sampai Tengah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar, Sabtu (11/1/2020).

Masyarakat diminta untuk memperhatikan resiko pelayaran. Perahu nelayan, kapal tongkang, ferry hingga kapal berukuran besar diimbau untuk tetap mewaspadai terjadinya tinggi gelombang dibeberapa wilayah tersebut.

"Perahu nelayan harap perhatikan kecepatan angin dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Kapal tongkang di atas 1.5 meter. Kapal ferry di atas 2.5 meter dan kapal berukuran besar di atas 4 meter," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!