Sekilas Info

PARIWISATA

Tak Sampai Sehari Semua Tempat Bisa Dijangkau Turis, Kota Ambon Idealnya Hanya Jadi Kota Singgah

Pantai Natsepa, di Negeri Suli, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

satumalukuID – Kota Ambon tak bisa diandalkan menjadi satu-satunya daerah tujuan wisata di Provinsi Maluku. Positioning Kota Ambon lebih pas hanya sebagai kota persinggahan wisatawan.

‘’Kalau kita andalkan Ambon sebagai satu-satunya tujuan wisata Maluku, maka itu akan mubazir, sebab mengelilingi Ambon tak sampai 1 hari sudah selesai. Namun kalau ada paket wisata dengan penawaran menuju lokasi lain di Maluku, seperti Ora, Manusela, Maluku Tenggara, Banda dan lain-lain, maka tentu akan sangat menarik untuk wisatawan,’’ tandas kata Walikota Richard Louhenapessy.

Walikota Richard mengemukakan hal ini menanggapi dibuka jalur penerbangan langsung dari Bali ke Ambon pulang pergi.

Ambon, lanjut dia, akan diusahakan menjadi lokasi persinggahan terbaik, sebelum para turis mengunjungi wilayah lain di Maluku dengan keindahan alam yang menjanjikan untuk dikunjungi.

‘’Maluku ini harus dijual sumber daya alamnya sebagai sumber pendapatan masyarakat yang baru. Dan penerbangan langsung Ambon-Bali yang digagas Gubernur Maluku, Murad Ismail adalah pintu masuk menuju Maluku yang ramah bagi pariwisata dan kunjungan turis lokal serta mancanegara,’’ paparnya.

Walikota menambahkan, dengan melibatkan instansi teknis seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, pihaknya akan mengumpulkan kalangan pelaku pariwisata di Ambon untuk membicarakan hal ini.

‘”Semua SKPD terkait juga akan kita maksimalkan, misalnya PUPR untuk infrastruktur jalan menuju objek wisata, juga menyiapan masyarakat di objek wisata sangat penting juga,’’ tandasnya.

Dia juga menyatakan akan berkordinasi dengan Gubernur Maluku, agar masalah ini bisa dibicarakan lebih serius antar atau lintas kabupaten/kota dengan pihak provinsi sebagai kordinatornya.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!