Sekilas Info

SATWA DILINDUNGI

Rangkong Papua Lepas dari Sangkar, Ditemukan Warga Ambon dalam Kondisi Kurus

satumalukuID- Seekor burung kategori dilindungi yang dikenal sebagai Julang Papua, lepas dari sangkar piaraannya. Saat ditemukan, burung yang juga disebut Rangkong Papua ini tampak kurus.

Diduga, burung dengan nama latin Rhyticeros Plicatus ini diduga sudah kabur beberapa hari akhirnya ditemukan Arman, warga Kebun Cengkih, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Rabu (8/1/2020).

Hewan pemakan buah-buahan dan serangga besar itu kini telah diserahkan kepada petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Provinsi Maluku.

"Kami dapat laporan tadi pukul 11.00 WIT. Bahwa di sekitar perumahan BTN Kebun Cengkih, terdapat warga yang berhasil menangkap satu ekor burung Julang Papua, sekitar pukul 09.00 WIT," kata Seto, petugas Polisi Hutan BKSDA Maluku.

Seto mengaku, jika dilihat dari perilaku burung berparuh putih dan berkepala cokelat ini, kemungkinan merupakan hewan peliharaan. Spesies Rangkong dari kelas Aves itu terlepas dari sangkar tuannya.

"Saat ditemukan, kondisi burung tersebut sangat kurus. Kemungkinan akibat sudah lama terlepas dan tidak mendapatkan makanan," ujarnya.

Burung yang terdapat atau hidup di kawasan Melanesia ini sudah diamankan BKSDA Maluku untuk dirawat.

"Selanjutnya akan dirawat dan direhabilitasi di Kandang Transit Passo (Kota Ambon)," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!