Sekilas Info

PEDULI LINGKUNGAN

Bersihkan Teluk Ambon, Kewang Lingkungan Kumpulkan Berkarung-karung Botol Plastik

satumalukuID - Institusi Kewang Lingkungan yang bernaung di bawah Dinas Lingkungan dan Persampahan Kota Ambon, Selasa (7/1/2020) kemarin, menggunakan speed boat, membersihkan Teluk Ambon, dengan cara "menyapu" sampah di sepanjang pantai di daerah Wainitu hingga pantai di kawasan Airsalobar.

Hasil bersih-bersih sampah ini, Kewang Lingkungan mengumpulkan berkarung-karung botol plastik bekas kemasan minuman dengan berbagai ukuran. Termasuk plastik bekas kemasan produk-produk kebutuhan rumah tangga.

“Sedih hati ini melihat ada warga yang tidak peduli terhadap keberlanjutan lingkungan yang lestari untuk anak cucu," tulis admin akun Facebook Kewang Lingkungan, yang mencoba menggugah kesadaran para warga kota ini.

Sang admin juga mengingatkan, basudara samua eee, kalau bukan katong sapa lai yang mau jaga dan kalesang akang kota ini?

"Kalau bukan sekarang lalu kapan baru mau merubah kalakuang suka buang sampah takaruang ini? Jang cuma tagal 1 atau 2 org pung kalakuan suka buang sampah takaruang, lalu katong samua lapis deng ana cucu tanggung akan pung akibat," tandasnya.

Sekanjutnya, warga kota ini diminta untuk sama-sama bersatu saling mengingatkan dalam menjaga kebersihan lingkungan kota.

Salah satu caranya, yakni sampah dipilah dari sumbernya (rumah, pasar, toko, restoran dan lain sebagainya). Sampah organik dijadikan kompos atau pupuk, juga dapat digunakan untuk pakan ternak. Sedangkan sampah anorganik bisa dijual atau ditabung ke bank sampah. Sementara sampah residu yg dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sebaiknya antara pukul 22.00 sampai 05.00 WIT.

"Jika kita semua warga Kota Ambon dapat melaksanakan pengelolaan sampah seperti di atas, maka saluran, sungai dan laut (Teluk Ambon), bersih dari sampah, serta me jadi warisan untuk anak cucu kita. Tabea," imbau admin FB Kewang Lingkungan.

Penulis: Embong
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!