Sekilas Info

CUACA EKSTRIM

Awas Hujan, Angin dan Petir di Maluku, Bibit Siklon Tropis Terpantau di Laut Arafura

satumalukuID- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon, Maluku, menemukan adanya bibit siklon tropis 925 di Laut Arafura.

Bibit ini berpotensi menjadi siklon tropis dalam 12 jam ke depan. Selain itu, juga terdapat pumpunan angin di laut Banda hingga Kepulauan Aru.

Massa udara basah di lapisan rendah juga terpantau di wilayah Pulau Buru, Pulau Seram, Banda, Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru.

"Dengan kondisi itu dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di sejumlah wilayah di Maluku," kata Kepala Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar, kepada satumalukuID, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, bibit badai yang terpantau di laut Arafura itu dapat memicu angin kencang dan berpotensi terjadinya petir.

"Kami prediksi dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 Januari 2020 mendatang," katanya via telepon genggamnya.

Beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, maupun kilat atau petir diantaranya Rabu hari ini (8/1/2020) di Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Kota Tual, Kepulauan Aru dan Tanimbar.

Hal serupa, tambah Wilar, juga berpotensi terjadi di wilayah yang sama pada Kamis (9/1/2020) dan Jumat (10/1/2020) esok.

"Yaitu di Kabupaten Maluku Tengah (Banda), Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Kota Tual, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya," ujarnya.

Wilar meminta masyarakat nelayan maupun yang hidup dipesisir pantai yang berpotensi dilalui bibit badai ini dihimbau untuk tetap waspada.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!