Sekilas Info

CUACA EKSTRIM

BMKG Ambon Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Banda Sampai Arafuru

satumalukuID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di sejumla perairan laut di Maluku, Selasa (7/1/2020).

Peringatan dini yang bersumber dari BMKG Pusat, Jakarta ini berlaku sejak pukul 09.00 WIT hari ini sampai dengan waktu serupa esok hari Rabu (8/1/2020).

"Terdapat tropical cyclone blake 993 hPa di perairan Barat Australia yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang," tulis Ashar, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, dalam rilisnya yang diterima satumalukuID.

Kecepatan angin dan tinggi gelombang terjadi di Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT), Perairan Selatan Pulau Sumba, Pulau Sawu dan Pulau Rote.

"Pola angin di Indonesia bagian Utara umumnya dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 3-25 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Selatan dengan kecepatan 3-20 knot," katanya.

Dari pola kecepatan angin tersebut, menyebabkan terjadi potensi tinggi gelombang 1.25-2.50 meter di sejumlah wilayah Provinsi Maluku.

"Tinggi gelombang terjadi di laut Banda, perairan Kepulauan Sermata-Letti hingga Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kei hingga Kepulauan Aru dan laut Arafuru," ungkapnya.

BMKG meminta masyarakat untuk memperhatikan resiko pelayaran. Perahu nelayan, kapal tongkang, ferry sampai kapal berukuran besar diimbau untuk tetap waspadai tinggi gelombang tersebut.

"Perahu nelayan harap perhatikan kecepatan angin dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Kapal tongkang di atas 1.5 meter. Kapal ferry di atas 2.5 meter dan kapal berukuran besar di atas 4 meter," pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!