Sekilas Info

RELOKASI PEDAGANG

Revitalisasi Pasar Mardika, 500 Pedagang Masih Dicarikan Lokasi Penampungan, 2.000-an Sudah Teralokasi

Aktivitas pedagang di kawasan Pasar Mardika. Pemerintah Pusat sudah mengalokasikan dana untuk melakukan revitalisasi Pasar Mardika pada 2020.

satumalukuID – Pemerintah Kota Ambon masih mencari lokasi untuk menampung sekitar 500 pedagang yang akan direlokasi menyusul dilaksanakannya revitalisasi Pasar Mardika.

Sedangkan sekitar 2.000-an pedagang lain sudah diplot untuk menempati sejumlah lokasi penjualan di beberapa tempat di Kota Ambon.

“Memang masih ada sekitar 500-an pedagang Pasar Mardika yang belum didapatkan lokasi penampungan mereka nantinya,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy, saat konferensi pers akhir tahun di Ambon, pekan lalu,

Menurut Walikota Richard, jika tidak ada halangan, proses revitalisasi akan direalisasikan pada 2020 ini. Untuk itu, Pemkot telah menyiapkan sejumlah lokasi yang akan menampung para pedagang Pasar Mardika.

Beberapa lokasi yang disiapkan adalah Air Kuning, Wainitu, Passo, Hutumuri dan Airlouw dan Pasar Tagalaya Batu Gantung. Tetapi, masih ada sekitar 500 pedagang lagi yang belum tertampung, itulah yang sedang dicari solusinya.

Awalnya mau ditampung di Kawasan Belakang Kota. Tapi, investor yang menyewa tempat tersebut akan segera membangun usahanya. “Karena itu, kami masih mencari alternative tempat lain,” timpalnya.

Kepala Balai Prasarana Perumahan Maluku, Abdul Halil Kastella mengatakan Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku yang akan mengatur relokasi pedagang di pasar Mardika ke lima lokasi telah disiapkan.

Lima lokasi telah disiapkan antara lain di Taman Victoria dan Air Kuning, Kecamatan Sirimau serta Desa Airlouw, Kecamatan Nusaniwe. Sedangkan menurut Sekda Kota Ambon tempat alternative pasar adalah Air Kuning, Wainitu, Passo, Hutumuri dan Airlouw

"Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku harus mengatur pedagang di Pasar Mardika karena kapasitas lima lokasi disiapkan hanya mampu menampung 2.000 pedagang sehingga perlu diidentifikasi dengan benar," tandas Abdul.

Pemerintah pusat telah menetapkan revitalisasi Pasar Mardika dan telah dibicarakan serta disepakati bersama antara Wali kota Ambon, Gubernur Maluku, Murad Ismail dan DPRD setempat.

Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR mengucurkan anggaran revitalisasi pasar Mardika sebesar Rp160 miliar pada tahun anggaran 2020.

Menurut Walikota Richard, rencananya Pasar Mardika akan dibangun lima lantai. Lantai 1 sampai empat akan digunakan untuk berjualan bahan kebutuhan pokok dan lainnya, sedangkan lantai 5 untuk kuliner.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!