Sekilas Info

KASUS PELANGGARAN DISIPLIN

Bolos Kerja Selama Berbulan-bulan, Dua ASN Kota Tual Dipecat Tidak Hormat

Wali Kota Tual Adam Rahayaan saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Wali Kota, Senin (6/1/2020).(Istimewa)
Wali Kota Tual Adam Rahayaan saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Wali Kota, Senin (6/1/2020).(Istimewa)

satumalukuID- Tamsir Singgih Tehuayo dan Jules Bernadus Karmomyanan, dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Tual, Maluku, terpaksa dipecat tidak dengan hormat. Mereka dipecat karena bolos kerja selama berbulan-bulan tanpa sepengetahuan pimpinan.

Tehuayo bertugas di kantor Kecamatan Pulau-pulau Kur. Sementara Karmomyanan bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual. Mereka dipecat berdasarkan surat Keputusan Wali Kota Tual nomor 1 dan 2 tahun 2020.

Dua ASN itu terbukti melanggar pasal 3 ayat 11. Mereka dijatuhkan hukuman disiplin berat sebagaimana diatur dalam pasal 10 angka 9 huruf d, Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Tehuayo dan Karmomyanan terbukti meninggalkan tugas secara akumulasi dan terus menerus melebihi 46 hari kerja. Bahkan, mereka telah dipanggil beberapa kali, namun tidak pernah memenuhi panggilan.

Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) kedua Aparat Sipil Negara (ASN) tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan pada apel pagi di Kantor Wali Kota Tual, Senin (6/1/2020).

Rahayaan mengatakan, pemecatan seseorang dari tanggungjawabnya sebagai PNS tidak sembarangan. Ada ketentuan yang berlaku.

"Kalau ini jelas tidak pernah masuk kantor dalam kurun waktu yang lama. Alpa satu hari dua hari wajar, tapi kalau sudah berbulan-bulan itu masalah. Masyarakat selalu mempertanyakan ketegasan pemimpin soal displin, hari ini kita buktikan," tegas Rahayaan.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!