Sekilas Info

HARGA IKAN TURUN

Cuaca Maluku Mendukung untuk Melaut, Pasokan Ikan Melimpah

satumalukuID - Kondisi cuaca yang mendukung untuk kegiatan melaut di perairan Maluku, membuat pasokan ikan melimpah, dan menjadikannya faktor utama turunnya harga komoditas ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Teguh Triyono, kepada wartawan di Ambon, Sabtu (4/01/2020).

Dia menuturkan, deflasi Provinsi Maluku pada Desember 2019 disebabkan oleh kelompok bahan makanan sebesar 0,65% (mtm). Hal tersebut disebabkan oleh menurunnya harga subkelompok ikan segar, terutama ikan layang, ikan kakap putih dan ikan momar.

Lebih lanjut Teguh katakan, deflasi pada kelompok bahan makanan di daerah ini, juga turut dipicu oleh harga cabai merah dan cabai rawit yang telah turun sejak November 2019.

"Turunnya harga cabai telah terjadi sejak di sentra produksi di Sulawesi Selatan, Provinsi Maluku saat ini masih mengandalkan provinsi lain untuk memenuhi pasokan bumbu-bumnuan dan sayur-sayuran," tuturnya.

Sementara untuk kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan, menurut Teguh, masih mengalami inflasi yang cukup tinggi sebab dipicu oleh harga tiket angkutan udara.

"Kelompok makanan jadi turut memberikan andil terhadap tekanan inflasi terutama meningkatnya konsumsi untuk komoditas kue kering dan enbal gepe. Pada kedua kelompok komoditas tersebut mengalami inflasi sebab meningkatnya permintaan menjelang libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Dia sebutkan bahwa pada pertengahan Desember 2019, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku telah melakukan rapat koordinasi dalam rangka memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok dan kestabilan harga pada saat Natal dan Tahun Baru.

"Terdapat beberapa kegiatan yang perlu mendapat perhatian oleh TPID Provinsi Maluku dalam upaya pengendalian inflasi pada saat Natal dan Tahun Baru, diantaranya adalah inspeksi pasar untuk memastikan ketersediaan stok dan hargakomoditas sekaligus dirangkaikan dengan pembukaan pasar murah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku dan beberapa rangkaian acara lainnya," paparnya.

Teguh menyebutkan, Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Maluku, TPID Maluku, TPID Kota/Kabupaten di Maluku, Satgas Pangan, pelaku usaha, dan pihak terkait lainnya untuk mengendalikan harga.

"Pengendalian inflasi di Maluku dilakukan melalui strategi kebijakan 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif," tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!