Sekilas Info

ASPIRASI WARGA

Warga Negeri Hitulama, Hitumessing dan Hila di Leihitu Berharap Dibangunnya Infrastruktur Dasar

DOK; Kementerian PUPR Foto ilustrasi realisasi pembangunan infrastruktur dasar yang menggunakan skema Padat Karya Tunai.

satumalukuID - Warga Negeri Hitulama, Hitumessing dan Hila di Jazirah Leihitu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah, mengharapkan ada sejumlah infrastruktur dasar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keinginan ketiga negeri adat di Jazirah Leihitu tersebut disampaikan saat anggota DPRD Maluku melakukan kunjungan kerja dan berdialog dengan warga.

"Intinya mereka butuh dibangun sejumlah infrastruktur dasar," kata anggota DPRD Maluku, Ruslan Hurasan di Ambon, Selasa (31/12/2019).

Dia mencontohkan di Negeri Hitulama dan Hitumessing, diterima keluhan dari warga setempat berupa kebutuhan sarana dan prasarana air bersih, alat tangkap ikan dan pemberdayaan nelayan pesisir Hitu.

Warga juga mengharapkan adanya program pengembangan dan perluasan Pelabuhan Hitu, sebagai pelabuhan penyangga dari Pulau Seram.

"Agenda reses masa sidang pertama tahun sidang 2019 dilakukan dalam suasana diskusi kopi bacarita dan dalam suasana itu, saya mendengar usulan masyarakat," ujarnya.

Di Negeri Hila, kata dia, Camat Leihitu juga berkenan hadir dan meminta untuk dibangun jalan lingkar belakang Negeri Hila dan melanjutkan proses pekerjaan jalan Hila-Hatiwe Kecil.

Warga juga minta pembangunan reyol penahan longsor sepanjang 600 meter, program pemberdayaan masyarakat untuk UKM Desa Hila Tahoku, dan pembangunan kawasan pelabuhan Tahoku.

"Di Negeri Lima warga meminta program percepatan pembangunan jalan Negeri Lima menuju Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, pembangunan sarana air bersih di Soa Nau, talud penahan ombak di Anhulu, dan pagar SMA Negeri Lima," jelas Hurasan.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!