Sekilas Info

APRESIASI PENGHARGAAN

Malam Pergantian Tahun, Pemkot Ambon dan MURI Beri Penghargaan kepada Irjen Pol Royke Lumowa

FOTO: Humas Polda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa saat menempuh perjalanan laut menggunakan jetski mengunjungi pulau-pulau di wilayah Maluku sekaligus melakukan kunjungan kerja.

satumalukuID – Penjelajahan Irjen Pol Royke Lumowa mengarungi laut menggunakan jetski untuk berkunjung ke berbagai pulau di Maluku berujung penghargaan.

Rencananya, Pemerintah Kota Ambon akan menganugerahi Irjen Pol Royke Lumowa selaku warga Kota Ambon yang dinilai memiliki nyali dan berani karena menjelajahi pulau-pulau di Maluku menggunakan jetski.

Tidak hanya Pemkot Ambon, penghargaan juga akan diberikan kepada Kapolda Maluku itu oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pemberian penghargaan akan dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Malam Pergantian Tahun di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (31/12/2019).

“Pemkot Ambon akan memberikan penghargaan kepada Irjen Pol Royke Lumowa selaku warga Kota Ambon yang telah menjelajah pulau-pulau di Maluku dengan hanya menggunakan Jetski,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada Pers di Ambon, Senin (30/12/2019).

Menurut Walikota, apa yang telah dilakukan Irjen Pol Royke Lumowa tersebut merupakan hal yang luar biasa dan baru pertama kali dilakukan oleh warga Kota Ambon. “Sikap tersebut patut diteladani karena menujukkan komitmen yang tinggi dan kecintaan pada wilayah Maluku,” timpalnya.

Selain Pemkot Ambon, kata Walikota, MURI juga akan memberikan penghargaan kepada Irjen Pol Royke Lumowa sebagai penjelajah laut dengan jumlah pulau terbanyak menggunakan Jetski.

“Jarak yang ditempuh Pak Royke itu kurang lebih 2.500 kilometer. Sementara jarak Ambon ke Makassar hanya 1.000-an kilometer. Bisa dibayangkan bagaimana nyali dan kemampuan fisik beliau,” ungkap Walikota.

Seperti diketahui, perjalanan Kapolda dimulai pada Senin (25/11/2019) pukul 15.00 WIT dari Pelabuhan Direktorat Kepolisian Perairan Polda Maluku di Desa Lateri, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon menuju Pulau Banda di Maluku Tengah dan menginap di pulau nan indah ini.

Esok harinya, sekitar pukul 07.00 WIT, Irjen Pol Royke Lumowa melanjutkan perjalanan dari Banda ke Pulau Kur di wilayah Kota Tual, menempuh jarak sekitar 137 mil laut dari Pulau Banda.

Dari Pulau Kur, Irjen Pol Lumowa menempuh jarak 51 mil laut menuju Kota Tual. Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri itu tiba di Kota Tual pukul 14.30 WIT dan bermalam di pulau tersebut.

Ia melanjutkan patroli laut menggunakan jetski dari Kota Tual menuju Pulau Larat, kemudian ke Saumlaki (Kabupaten Kepulauan Tanimbar) hingga Pulau Babar, Pulau Moa, Pulau Wetar, dan Pulau Liran di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kemudian, dari wilayah Maluku Barat Daya, yang merupakan wilayah terluar Indonesia, Irjen Pol Royke Lumowa menempuh perjalanan langsung menuju Kota Ambon selama lebih dari 10 jam. Dia tiba di Ambon minggu pertama Desember 2019 lalu.

“Itulah kenapa wajar jika Pemkot Ambon memberikan penghargaan kepada beliau,” timpal Walikota Richard.

Penulis: m-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!