Sekilas Info

GUNUNG BOTAK

Pemberantasan Penambangan Ilegal di Gunung Botak Pulau Buru Berhasil karena Aparatnya Tegas

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa ketika meninjau langsung operasi penertiban penambang ilegal di Gunung Botak, Pulau Buru, beberapa waktu lalu.

satumalukuID – Pemberantasan penambangan illegal tidak semudah dibayangkan. Di sejumlah daerah, bisa memicu terjadinya konflik antara para penambang dengan aparat kepolisian, namun di Gunung Botak, Pulau Buru, hal itu berhasil dilaksanakan karena petugas bertindak dengan benar.

“Langkah tegas yang dilakukan Polda Maluku berhasil karena aparat kepolisian yang bekerja dengan benar,” tegas Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Senin (30/12/2019).

Coba kalau bekerja tidak benar maka langkah penertiban hanya sementara dan penertiban dalam rangka meningkatkan setoran dan itu berbahaya.

Sejak awal wartawan sudah bertanya-tanya dengan senyum penuh pesimistis tentang seberapa besar keseriusan Kapolda Maluku dalam menutup Gunung Botak.

"Saya katakan saksikan sendiri dan Gunung Botak masih streil sampai saat ini dan manajemen tiga perusahaan besar disidik termasuk para penambang ilegal antara 8.000 hingga 10.000 orang itu mau meninggalkan lokasi dengan ikhlas tanpa insiden," tandas Kapolda.

Kalau di daerah lain seperti di Pulau Sumatera, sebagian Pulau Jawa, Sulawesi pasti ada keributan ketika ada penertiban PETI dan kemungkinan pemicunya tanpa kesungguhan, sosialisasi, atau penertiban dilakukan namun sebagian orang masih beroperasi sehingga menimbulkan kemarahan orang lain.

Berbagai keberhasilan ini merupakan sebuah prestasi yang menonjol walau pun ada pemecatan sejumlah oknum anggota yang melakukan pelanggaran.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!