Sekilas Info

MUDIK GRATIS

Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Tujuan Namrole dan Leksula Dimulai

FOTO ILUSTRASI: Arus penumpang di Pelabuhan Tulehu saat arus mudik Natal ke Saparua, tahun lalu.

satumalukuID - Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku bersama PT Jasa Raharja menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) terutama tujuan Namrole dan Leksula yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Kepada media ini, Selasa  (17 /12), Kadis Perhubungan Bursel, Sukri Muhammad mengatakan, terselenggaranya program ini berkat koordinasi Pemkab setempat  bersama Dishub Provinsi Maluku dan Jasa Raharja.

‎“Program mudik gratis inmenyiapkan fasilitas laut berupa KM Sabuk Nusantara dan KM Cantika Lestari untuk melayani pemudik dengan tujuan Namrole dan Leksula, “ jelas Sukri.

‎Dikatakan, program mudik bareng ini diadakan lagi setelah melihat begitu banyak permintaan dari masyarakat serta untuk mengatasi membludaknya penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2020.

‎Mudik gratis bersama ini dipusatkan pada dua lokasi yaitu Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon dengan tujuan Namrole-Leksula untuk KM Cantika Lestari pada 19 Desember 2019 dan Pelabuhan Gudang Arang Benteng dengan tujuan Namrole Leksula menggunakan KM Sabuk Nusantara pada 23 Desember 2019," bebernya.

Kadis Perhubungan Bursel, Sukri Muhammad

“Pendaftaran mudik gratis ini sudah berlangsung sejak 13 Desember hingga 17 Desember untuk KM Cantika Lestari pada kantor Jasa Raharja, sedangkan Kantor Dishub Propinsi Maluku untuk KM Sabuk Nusantara mulai dari tanggal 13 - 21 Desember 2019, “ jelasnya.

‎Bagi masyarakat yang berminat dapat segera mendaftarkan dirinya ke Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja dengan menunjukan KTP atau tanda pengenal, dan kartu keluarga jika ingin mudik bersama keluarga.

Menurut Sukri, beberapa upaya koordinasi dengan Dishub Propinsi Maluku dilakukan untuk membuat masyarakat yang menggunakan jasa transportasi selama arus mudik dan balik dipastikan lancar‎.

“Untuk transportasi udara tersedia pesawat Trigana Air, sementara tranportasi laut ada, KM Sabuk Nusantara, KM Pangorango, KM Lauser, KM Intim Teratai. Selain itu, ada KM Kinei yang baru melayari Ambon, Namrole, Leksula, Tipu, Waemulang dan Nanali pada 13 Desember 2019 kemarin dan akan masuk juga pada tanggal 21 Desember nanti. Jadi arus mudik dan balik Natal Tahun Baru dipastikan berjalan lancar, “ ungkap Sukri.  (taufik tuanaya).

Penulis: Taufik Tuanaya
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!