Sekilas Info

PENGADUAN MASYARAKAT

Warga SBT Keluhkan Pemadaman Listrik Tanpa Pemberitahuan, DPRD Maluku akan Cek Langsung

ANTARA/Daniel Leonard Suasana saat Rapat Kerja Komisi II DPRD Maluku dengan Manager PT PLN Maluku -Maluku Utara Romantika Dwijuni Putra dipimpin ketua komisi, Saodah Tethol, Jumat (22/11/2019).

satumalukuID - Pelayanan listrik PLN di Kabupaten Seram Bagian Timur masih dikeluhkan masyrakat setempat. Mereka kemudian berinisiatif menyurati DPRD Provinsi Maluku karena seringnya terjadi aksi pemadaman lampu listrik tanpa ada penjelasan resmi dari PT. PLN (Persero) Cabang.

"Kami memang menerima surat masuk dari sejumlah warga di Kabupaten SBT yang mengeluhkan adanya pemadaman listrik," kata Ketua Komisi II DPRD Maluku, Saodah Tethol di Ambon, Senin.

Untuk merespon pengaduan tersebut, komisi II dalam waktu dekat akan mendatangi wilayah Seram Bagian Timur guna memastikan apa benar laporan tersebut sesuai kondisi di lapangan atau tidak.

"Sejak awal kami sudah meminta PLN untuk menggantikan mesin pembangkit yang dioperasikan di Kabupaten SBT, namun kemungkinan belum direalisasikan sehingga sering terjadi pemadaman di sana," jelasnya.

Menurutnya, jika hasil kunjungan lapangan yang dilakukan komisi ternyata benar terjadi pemadaman listrik, maka DPRD menilai penjelasan yang disampaikan manajemen PT. PLN Wilayah Maluku dan Utara berbeda jauh dengan realitas di lapangan.

"Bila kondisi di lapangan benar adanya sesuai laporan yang kami terima maka pihak PLN dinilai telah memberikan penjelasan yang tidak sesuai fakta lapangan," ujarnya.

Sebab dalam rapat dengar pendapat komisi dengan manajemen PT. (Persero) PLN Wilyah Maluku-Malut pekan lalu, disebutkan bahwa ketersediaan tenaga listrik mencukupi.

"Jangan sampai apa yang diungkapkan oleh pihak PLN pada saat rapat kerja dengan Komisi II kemarin, realisasi lapangannya berbeda dengan hasil pertemuan itu sehingga komisi akan melakukan peninjauan langsung," jelas Saodah.

Sebelumnya, pada Rapat Kerja dengan pimpinan dan anggota komisi II DPRD Maluku dipimpin Saodah Tethol, Jumat (22/11/2019) lalu, PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara menjamin ketersediaan energi listrik untuk masyarakat Maluku tercukupi menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan di penghujung 2019 hingga memasuki 2020.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!