Sekilas Info

PRESTASI

Level Nasional Istri Walikota Ambon Ny Debbie Louhenapessy, Dianugerahi Himpaudi Award 2019

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berfoto bersama para penerima Himpaudi Award 2019, di Jakarta Convention Centre, Jumat (13/12/19) lalu.

satumalukuID – Di level nasional maupun internasional, nama Kota Ambon semakin disegani. Itu semua tak lepas dari catatan prestasi yang ditoreh para pemimpin Kota Ambon. Tak hanya Walikota dan Wakil Walikota bersama jajaran Pemerintah Kota, tetapi juga oleh istri walikota bersama jajarannya.

Terbaru, Bunda PAUD Kota Ambon, Ny Debbie Louhenapessy dianugerahi penghargaan Himpaudi Award 2019. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, di Jakarta Convention Centre, Jumat (13/12/19) lalu.

Himpaudi adalah akronim dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia. Menurut Ketua Himpaudi Pusat, Prof Netti Herawati, dasar penilaian pemberian Himpaudi Award, adalah kehadiran Bunda PAUD yang dirasakan para pendidik didaerahnya.

“Dasar penilaian pemberian Himpaudi Award, pertama apakah Himpaudi setempat merasakan tidak kehadiran Bunda PAUD,” jelas Netti kepada Tim Media, usai penyerahan Himpaudi Award.

Dirinya menegaskan, sebenarnya pemberian penghargaan ini bukan pertandingan, tetapi mana yang paling dicintai oleh pendidik PAUD. “Kami tidak mempertandingkan ini, tapi kami melihat mana yang paling dicintai oleh pendidik PAUDnya,” tegasnya.

Dasar penilaian berikutnya, menurut Netti, yaitu kiprah Bunda PAUD dalam gerakan makan ikan, gerakan stunting, gerakan peningkatan mutu PAUD dan mutu pendidik PAUD.

Netti mengakui telah dua kali ke Ambon dan bertemu langsung dengan Bunda PAUD Kota Ambon, Debbie Louhenapessy. Dari pertemuan tersebut, dia melihat Bunda PAUD Ambon ini smart, dan visioner kedepan juga sangat mencintai para pendidik PAUD.

Dengan diberikannya penghargaan ini, maka dalam kurun waktu kurang dari dua bulan Debbie Lohenapessy sudah mendapatkan penghargaan berlevel nasional. Sebelumnya, pada 18 Oktober 2019, dalam kapasitas Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Ambon, Debbie Louhenapessy menerima penghargaan Apresiasi Perempuan Hebat Indonesia (APHI) Tahun 2019 bersama sejumlah tokoh nasional, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pemenang lainnya adalah Christin Djuarto (CEO PT Shopee Indonesia), Thia Yusfada (Ketua Dekranasda Kabupaten Musi Banyuasin), Mira Lesmana (Founder Miles Film), Amany Burhanuddin Umar Lubis (Rektor Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta), Nurhayati Subakat  (CEO PT Paragon Technology and Innovation (Wardah), dan Nathania Karina  (Pemimpin Trinity Youth Symphony Orchestra).

Selain itu Setia N. Milatia Moemin (Direktur Utama Perum DAMRI), Dian Siswarini  (CEO PT XL Axiata Indonesia.Tbk), CEO PT Paragon Technology and Innovation (Wardah) dan  Hasinah Jusuf  (Direktur Allianz Life Indonesia),  Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Neni Moerniaeni (Wali kota Bontang), Sri Puguh Budi Utami (Direktorat jendral Permasyarakatan) dan Penny Kusumastuti Lukito kepala BPOM RI.

Saat ini, PKK kota Ambon sudah memiliki Sistem Informasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (SIM PKK)  sehingga dapat dengan mudah mendata anggotanya serta potensi yang ada dari tingkat kota, kecamatan, desa/negeri/kelurahan sampai dengan kelompok dasawisma.

Juga dengan adanya sistem tersebut, dapat melakukan intervensi 10 program pokok PKK, maupun memberikan data pembanding kepada pemerintah kota terkait dengan data keluarga miskin, yang perlu mendapat perhatian dan dukungan pemerintah.

Ny Debbie Louhenapessy kedua dari kiri berfoto bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah penerima Apresiasi Perempuan Hebat Indonesia 2019, 18 Oktober 2019 lalu di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!