Sekilas Info

MUDIK GRATIS NATAL & TAHUN BARU

474 Warga Pulang Kampung Gratis ke Tanimbar, Pemprov Maluku Target Layani 8.000 Orang  

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno menyerahkan life jacket kepada warga Maluku yang mengikuti program pulang kampung (mudik) gratis menuju Kepulauan Tanimbar, dari Pelabuhan Ambon, Senin (16/12/2019).

satumalukuID – Sebanyak 474 warga Maluku di Ambon difasilitasi untuk pulang kampung (mudik) gratis ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2018. Mereka diangkut dengan KM Sabuk Nusantara 72 dengan tujuan Molu – Romean – Larat dan Sa.

Keberangkatan ratusan warga yang pulang kampung itu merupakan bagian dari Program Mudik Gratis Pemprov Maluku. Program ini dimulai 16 hingga 23 Desember 2019 untuk sejumlah rute yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Maluku Barat Daya (MBD).

"Mudik gratis kita telah siapkan kapal perintis untuk rute KKT dan MBD, kapal cepat dan dua kapal negara milik distrik navigasi yakni KM Bacan dan KM Kalawe," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaja, Senin.(16/12/2019).

Prosesi program mudik gratis jelang Natal dan Tahun Baru 2019, ditandai pelepasan oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno yang menyerahkan life jacket kepada warga Maluku yang mengikuti program pulang kampung (mudik) gratis menuju Kepulau Tanimbar, dari Pelabuhan Ambon, Senin (16/12/2019).

Wagub juga menyempatkan waktu mengunjungi tempat tidur para penumpang di kapal KM Sabuk Nusantara 72 dan meresmikan posko terpadu mudik gratis di Pelabuhan Ambon.

Frans mengemukakan, pihaknya juga bekerjasama dengan PT Pelni Cabang Ambon, PT ASDP, dan pemilik kapal cepat untuk melaksanakan program mudik gratis tersebut.

"Kita prediksikan program mudik gratis akan mengangkut 8.000 masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman di Maluku," ujarnya.

Mensukeskan program musik gratis, disigakan posko terpadu angkutan laut jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dibawah komando Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Ambon.

"Posko ini disiagakan mulai 16 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 untuk mengamankan proses mudik natal dan tahun baru," katanya.

Posko terpadu disiagakan di seluruh pelabuhan yakni Yos Sudarso, Slamet Riyadi, pelabuhan fery Galala dan Hunimua serta pelabuhan Tulehu.

"Selain posko terpadu angkutan laut juga disiagakan angkutan udara di bandara udara Pattimura Ambon," ungkap Frans.

Ditambahkannya, arus mudik diprediksi pada H-4 hari Natal, sedangkan arus balik diprediksi H+3 Tahun Baru.

"Kita berupaya agar saat arus mudik maupun balik semua penumpang terangkut, kita antisipasi di seluruh pelabuhan semua operator kapal bertanggung jawab," tambahnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!