Sekilas Info

GELAR PAHLAWAN

Pemkot Ternate sedang Perjuangkan Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate Maluku Utara, berupaya memperjuangkan Sultan Baabullah menjadi pahlawan nasional. Salah satu caranya adalah dengan menggelar Seminar Nasional Sultan Baabullah Pahlawan Nasional yang menghadirkan tokoh sejarahwan.

"Sudah ada penandatangan bersama sketsa Sultan Baabullah oleh para sejarahwan, Dewan Gelar Pahlawan Nasional, dan Tim dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI) dan dihadiri Akbar Tanjung, Abdul Gafur, dan tokoh-tokoh sejarahwan," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, di Ternate, Jumat (13/12/2019).

Ia menyatakan, Pemerintah Kota Ternate selalu memberikan dukungan agar mereka dan tim penyusun naskah akademis bisa mengusulkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan Nasional,

"Dengan kajian yang dilakukan bisa menjadi satu referensi dan catatan agar bisa dilengkapi persyaratan itu dan untuk melengkapi metode sejarah," ujarnya.

Perlu kajian ilmiah untuk memenuhi persyaratan Dewan Gelar Kepahlawanan yang membuktikan Sultan Baabullah bersama 74 daerah mengusir bangsa Portugis di Ternate.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!