Sekilas Info

WISUDA UNPATTI

Unpatti Wisuda 990 Sarjana,  Rektor Ungkap Sejumlah Keberhasilan Kinerja di Tahun 2019

Para sarjana mengikuti proses wisuda Universitas Pattimura Ambon, Kamis (12/12/2019).

satumalukuID – Sebanyak 990 Sarjana diwisuda dalam rapat senat terbuka luar biasa Universitas Pattimura di Ambon, Kamis (12/12/2019). Wisudawan dan wisudawati terdiri dari lulusan Strata Satu (S1), S2 dan S3.

Acara wisuda dihadiri Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno yang mewakili gubernur sekaligus memberikan kata sambutan.

Pada kesempatan wisuda kali ini, Rektor Unpatti Prof. M.J. Saptenno menjelaskan berbagai keberhasilan kinerja yang telah diraih selama ini. Di antaranya dosen Unpatti yang telah berhasil menyelesaikan studi doktor di dalam negeri sampai dengan Desember 2019 sebanyak 11 orang.

Pada tahun 2019 yakni, rata-rata pertumbuhan mahasiswa kurun waktu 5 tahun sebesar 4,8 persen dan peningkatan animo mahasiswa masuk Unpatti 4,1 persen.

Untuk jumlah program studi sampai dengan tahun 2019, kata Sapteno, sebanyak 72 terdiri dari, S1 52, S2 16, S3 2 dan profesi 2.

“Begitu pula terjadi peningkatan Indeks Prestasi (IPK) mahasiswa rata-rata yaitu: S1 3,34 pada tahun 2019; S2 IPK rata-rata 3,56 pada tahun 2019. Durasi studi S1 selama 4,5 tahun pada tahun 2019, durasi S2 rata-rata 2,1 tahun pada tahun 2019 dam durasi studi S3 rata-rata 5,5 tahun,” jelas Sapteno.

Sapteno juga menjelaskan tentang berbagai raihan pretasi Mahasiswa Unpatti di ajang Nasional masing-masing, juara 1 pada kejuaraan debat Bahasa Inggris (Nasional Universty Debating Championship Tingkat Regional).

Kemudian, finalis kejuaraan debat Bahasa Inggris (National  University Debating Championship (NUDC) tingkat Nasional, juara 1 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Regional. Lolos tingkat Nasional Kompetisi Bisnis Manajemen Keuangan(KBMK), juara favorit Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) dan juara 1 Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Provinsi.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengatakan,memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang mumpuni, sama halnya dengan membangun daya saing bangsa.  Dan ini merupakan hal yang sangat penting, yang dapat diiwujudkan melalui pendidikan, terutama lewat pendidikan tinggi.

“Dengan melihat tantangan ke depan dan keunggulan komparatif yang kita miliki, sudah saatnya pengembangan pendidikan teknik dan sains kedepan perlu menjadi ujung tombak untuk menjawab kompetisi global terutama dalam menghadapi krisis iklim, pangan, energi dan lingkungan,” ungkap Wagub.

Menurutnya, pengembangan pendidikan sains dan teknik yang berhubungan dengan keunggulan komparatif yang dimiliki Provinsi Maluku seperti perikanan, kelautan, pertambangan dan lingkungan pesisir pulau-pulau kecil. Beberapa bidang ini perlu dilakukan dan harus terus di dorong, sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan dan bukan sekedar mimpi semu.

“Selamat kepada para wisudawan/wisudawati atas ketekunan, keuletan dan keberhasilan yang telah dicapai dalam menyelesaikan program studi masing-masing. Saya percaya selama proses belajar sungguh-sungguh ditekuni dan merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk meniti karier di lapangan kerja nantinya,” terang Wagub.

Penulis: M-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!