Sekilas Info

REVITALISASI PASAR MARDIKA

Pedagang Pasar Mardika Kemungkinan Direlokasi ke Air Kuning, Wainitu, Passo, Hutumuri dan Airlouw

ANTARA/John Soplanit Pedagang sayuran di pasar Mardika, Ambon, Maluku.

satumalukuID – Menyusul rencana revitalisasi Pasar Mardika Ambon, sebanyak 2.000-an pedagang akan direlokasi sementara di sejumlah tempat di Kota Ambon. Saat ini, beberapa tempat yang dijadikan alternatiF adalah pasar Air Kuning, Wainitu, Passo, Hutumuri dan Airlouw.

Kepala Balai Prasarana Perumahan Maluku, Abdul Halil Kastella mengatakan Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku yang akan mengatur relokasi pedagang di pasar Mardika ke lima lokasi telah disiapkan.

Lima lokasi telah disiapkan antara lain di Taman Victoria dan Air Kuning, Kecamatan Sirimau serta Desa Airlouw, Kecamatan Nusaniwe. Sedangkan menurut Sekda Kota Ambon tempat alternative pasar adalah Air Kuning, Wainitu, Passo, Hutumuri dan Airlouw

"Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku harus mengatur pedagang di Pasar Mardika karena kapasitas lima lokasi disiapkan hanya mampu menampung 2.000 pedagang sehingga perlu diidentifikasi dengan benar," tandas Abdul.

Sebelumnya, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, revitalisasi Pasar Mardika tetap dilanjutkan karena masuk dalam agenda program strategis nasional.

Baca Juga:

Pemerintah pusat telah menetapkan revitalisasi Pasar Mardika dan telah dibicarakan serta disepakati bersama antara Wali kota Ambon, Gubernur Maluku, Murad Ismail dan DPRD setempat.

Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR mengucurkan anggaran revitalisasi pasar Mardika sebesar Rp160 miliar pada tahun anggaran 2020.

"Anggaran revitalisasi Pasar Mardika bersumber dari Kemendag dan Kementerian PUPR yang akan direvitalisasi menjadi pasar modern, tetapi tetap mempertahankan ciri khas tradisional, di lokasi lama dan sesuai rencana dibangun dalam jangka waktu dua tahun," tegas Richard.

Baca Juga

error: Content is protected !!