Sekilas Info

PENGHARGAAN PETINJU

Berprestasi, Juara Dunia Tinju asal Maluku Ongen Saknosiwi Mendapat Percepatan Kenaikan Pangkat

Foto: Dispen TNI AU Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., menyerahkan penghargaan percepatan kenaikan pangkat dan sejumlah penghargaan lain kepada petinju asal Maluku Ongen Saknosiwi di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

satumalukuID – Prestasi petinju asal Maluku Ongen Saknosiwi yang menjadi Juara Dunia kelas Bulu versi IBA (International Boxing Association) diparesiasi TNI Angkatan Udara, tempatnya bertugas selama ini. Ongen mendapat percepatan kenaikan pangkat dari saat ini Prajurit Satu menjadi Bintara TNI.

Penghargaan percepatan kenaikan pangkat disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M.,di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Selain percepatan kenaikan pangkat ke Bintara (mengikuti pendidikan Setukba) Pratu Ongen Saknosiwi juga diganjar piagam penghargaan, Sabuk, dan uang pembinaan.

"Saya sangat bangga atas pencapaian Pratu Ongen yang merupakan cerminan hasil jerih payah berlatih, sehingga mampu mengharumkan nama TNI AU dan juga bangsa dan negara. Oleh karena itu kami berikan percepatan kenaikan pangkat. Hal ini juga diharapkan sebagai motivasi bagi prajurit TNI AU lainnya untuk berprestasi," ujar Kasau.

Kasau mengucapkan selamat atas prestasi yang sudah ditorehkan prajurit TNI AU kelahiran Namlea, Buru, Maluku 14 Juli 1994 ini.

Kasau berpesan, agar jangan cepat berpuas diri, tetapi terus berlatih penuh semangat, sehingga mampu meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

Sempat Galau

Sementara itu, kisah Ongen menjadi juara dunia, cukup berliku. Dia sempat berada di ambang kegalauan. Beberapa tahun lalu, dia memutuskan vakum dari dunia tinju dan memilih mengikuti tes masuk keanggotaan TNI AU.

Setelah menjadi prajurit, Ongen mendapat tawaran untuk mengembangkan potensinya di olahraga tinju. Dengan dukungan penuh, dia akhirnya berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

"Selain tinju, saya juga suka sepak bola. Dulu bahkan saya pemain sepak bola, posisi saya striker. Tapi saya tinggalkan itu demi tinju. Kalau tinju, saya sudah suka sejak 2011. Keluarga yang mengenalkan tinju sama saya," ujarnya.

"Di tengah jalan, saya diajak untuk tes masuk TNI AU. Saat itu saya sudah jarang latihan (tinju) karena saya juga berpikir soal masa depannya. Tapi oleh kesatuan, saya didukung penuh untuk terus latihan. Senin sampai Jumat, saya latihan pagi dan sore. Sabtu dan Minggu libur," tuturnya.

Ke depannya, Ongen berharap bisa mempertahankan gelar juara dunia yang sudah diraihnya. Dia ingin mengikuti jejak idolanya yaitu Chris John dan Daud Yordan.

"Saya terus berlatih keras dan hanya percaya diri saja ketika di atas ring. Oleh kesatuan, saya sudah mendapat dukungan penuh dari pimpinan. Jadi saya tidak sulit membagi waktu," ucap Ongen.

Penulis: m-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!